Telkom Resmikan Data Center neuCentrlX Ulin Banjarmasin

Peresmian data center neuCentrIX (Neutral Cloud and Internet Exchange) Ulin, Banjarmasin oleh Direktur Wholesale and International Service Telkom Dian Rachmawan bersama Executive Vice President Telkom Regional VI Kalimantan Rijanto Utomo serta para pelaku internet service provider (ISP) pada Kamis, 8 April 2021



BANJARMASIN (IndonesiaTerkini.com)- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meresmikan data center neuCentrIX (Neutral Cloud and Internet Exchange) Ulin, Banjarmasin. Data center ini diresmikan oleh Direktur Wholesale and International Service Telkom Dian Rachmawan bersama Executive Vice President Telkom Regional VI Kalimantan Rijanto Utomo serta para pelaku internet service provider (ISP) pada Kamis (8/4/2021). Adapun data center ini merupakan yang kedua di Kalimantan dan ke-18 di Indonesia. Telkom sebelumnya telah membangun neuCentrIX di 13 kota yakni Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Balikpapan, dan Banjarmasin.

“neuCentrIX merupakan inisiatif TelkomGroup dalam melayani market wholesale industri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center," kata Dian, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

"Dengan keunggulan coverage terluas dan memiliki akses eyeball terbesar di Indonesia, neuCentrIX mampu memenuhi kebutuhan internet berkecepatan tinggi dan akses produk digital yang akan mendukung perkembangan bisnis ke depannya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, neuCentrIX Ulinang terletak di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin ini merupakan data center yang berkapasitas 29 rack dan terstandarisasi tier-2 di mana service level assurance yang dijaminkan memiliki downtime kurang dari 22 jam dalam satu tahun (99,741% guaranteed availability). Selain itu, neuCentrIX sudah memiliki ISO 27001 ISMS (Information Security Management System) Certification sebagai jaminan untuk keamanan data bisnis yang berstandar internasional dalam mengelola risiko keamanan informasi dengan menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. “neuCentrIX juga bersifat carrier neutral data center, di mana para pengguna memungkinkan untuk terhubung ke berbagai internet service provider dan content provider sehingga memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mendesain jaringannya” tutur Dian.

Ia berharap data center ini dapat mengakomodasi kebutuhan produk kolokasi, konektivitas, cloud, dan produk digital untuk pemerintahan, ISP maupun startup. NeuCentrIX Ulin ini juga diharapkan menjadi titik temu pelaku digital di Kalimantan sehingga mewujudkan Indonesia sebagai global digital hub. (pr)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Telkom Resmikan Data Center neuCentrlX Ulin Banjarmasin. Please share...!

Back To Top