Trafik Jaringan XL Axiata Selama Ramadan Diproyeksikan Naik 10%

Head Strategic Operation and Automation XL Axiata Ahmad Hamzah



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pada periode Ramadan tahun ini, XL Axiata memproyeksikan trafik jaringannya akan meningkat hingga 10% dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20% saat masuk di masa libur Lebaran. Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut.

Head Strategic Operation and Automation XL Axiata Ahmad Hamzah memaparkan, XL Axiata akan menambah kapasitas hingga 200% dibandingkan kapasitas harian. Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Karena itu, kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata. Berdasarkan tren Lebaran tahun sebelumnya, kenaikan trafik akan terjadi di kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, dan Lombok. “Melihat tren peningkatan trafik di kota-kota tersebut, kami akan menambah kapasitas tiga kali lipat dibandingkan tahun kemarin jumlah site penambahan kapasitas dan perluasan jaringan. Kita juga tetap melanjutkan kota-kota fiberisasi, kemudian core system data service dan upstream 100% dibandingkan tahun lalu, serta memodernisasi jaringan,” kata Ahmad Hamzah dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Khusus di Ramadan tahun ini, Ahmad mengatakan XL Axiata juga menambahkan 17 mobile BTS di samping 64 mobile BTS eksisting yang sudah dioperasikan untuk mendukung layanan di area tol, pariwisata, dan daerah pemukiman. Sementara itu dari sisi produk, XL Axiata juga secara khusus meluncurkan “Paket Akrab”, berupa paket internet dengan kuota besar yang bisa dibagi bersama oleh anggota keluarga atau kerabat. Lalu untuk pelanggan AXIS disediakan “Paketupat” dan “Paketakjil” dengan kuota utama plus kuota sahur atau kuota bedug yang berlaku pada jam khusus.

“Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat. Tahun ini kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, termasuk pelarangan mudik, sehingga kami menyiapkan sejumlah promo produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berbagai segmen di saat seperti sekarang,” tambah Direktur Komersial XL Axiata David Arcelus Oses. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Trafik Jaringan XL Axiata Selama Ramadan Diproyeksikan Naik 10%. Please share...!

Back To Top