Unilever Siap Pasarkan Daging Alternatif dari Nabati di Indonesia

Unilever Food Solutions (UFS) yang merupakan unit Business to Business (B2B) Unilever, meluncurkan The Vegetarian Butcher



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Unilever Food Solutions (UFS) yang merupakan unit Business to Business (B2B) Unilever, meluncurkan The Vegetarian Butcher. Ini adalah produk olahan alternatif daging yang terbuat dari nabati. The Vegetarian Butcher pada fase pertama ini akan dipasarkan secara B2B ke mitra Unilever di seluruh Indonesia.

“UFS melihat adanya tren pergeseran pilihan konsumen menuju ragam makanan berbasis nabati, baik di tingkat global maupun lokal,” kata Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions.

Tren ini, menurutnya, menjadi tantangan sekaligus peluang yang harus disambut oleh pebisnis kuliner. Dia menuturkan, inovasi tersebut sejalan dengan tujuan perusahaan untuk mengurangi dampak lingkungan dalam rantai makanan. Pergeseran pola makan menjadi plant-based semakin meningkat di tengah pandemi. Unilever mencatat 90% masyarakat Indonesia mulai mencoba mengonsumsi menu makanan sehat guna untuk meningkatkan imun tubuh. Sedangkan, jumlah orang yang giat membeli sayur juga telah mencapai angka 62%. Masih dalam data yang sama, layanan pesan antar makanan juga tercatat meningkat sebanyak 7,4%.

“Gaya hidup flexitarian atau pola makan yang menambah porsi makanan berbasis nabati dan mengurangi porsi protein hewani, hingga kepedulian terhadap kelestarian lingkungan juga semakin bertumbuh, khususnya di kalangan young milenial dan generasi Z,” kata Joy menambahkan.

Namun, masih terdapat hambatan yang menyebabkan pertumbuhan pasar kuliner berbasis plant- based belum maksimal, antara lain awareness masyarakat yang masih rendah, serta pandangan tentang makanan nabati yang cenderung membosankan dan kurang menggugah selera. Terbatasnya aksesibilitas gerai kuliner yang menyediakan makanan berbasis nabati pun juga menjadi halangan dalam membumikan makanan plant based di Indonesia. Sebagai langkah awal, UFS akan berkolaborasi dengan Burger King Indonesia dengan meluncurkan Plant-based Whopper berbasis nabati pertama di Indonesia.

Menu tersebut baru akan bisa dinikmati konsumen pada tanggal 5 Mei mendatang di wilayah Jabodetabek. “Kami terus mencari alternatif menu baru yang inovatif dan relevan dengan minat serta kebutuhan konsumen,” ujar Eugene Hong, Chief Marketing Officer Burger King Indonesia. Sebagai tambahan, The Vegetarian Butcher telah menjadi pemasok untuk Burger King di wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Cina dan negara Asia lainnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Unilever Siap Pasarkan Daging Alternatif dari Nabati di Indonesia. Please share...!

Back To Top