20.000 Pelatihan Literasi Digital Digelar untuk Jangkau 12,4 Juta Peserta

Menkominfo Johnny G Plate (kedua kiri) memberi keterangan kepada pers dalam acara "Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital" di Jakarta, Kamis, 20 Mei 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan 50 juta masyarakat Indonesia memiliki literasi digital pada 2024. Upaya tersebut dilakukan melalui program Literasi Digital Nasional (LDN) yang akan dilakukan setiap tahun. Tahun ini, LDN digelar melalui 20.000 pelatihan di seluruh Indonesia. Pelatihan ini memiliki empat pilar, yaitu digital ethics, digital safety, digital skills, dan digital culture. Setiap tahun, program ini akan menjangkau sekitar 12,4 juta peserta pelatihan di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Pemerintah serius dalam melakukan terobosan dan akselerasi di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) digital. Diharapkan setidaknya 50 juta masyarakat Indonesia yang akan terliterasi digital sampai 2024 mendatang, dan diharapkan terus meningkat pada periode pemerintahan berikutnya hingga menjangkau 100 juta masyarakat Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam acara "Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital" di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Menurut Johnny, program LDN menjadi sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat. Saat ini terdapat setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia. “Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan internet, yang salah satunya ditandai dengan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai sekitar US$ 124 miliar pada 2025,” ujar Johnny G Plate.

Selain program LDN, Kemkominfo juga menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship (DTS). Program ini menyediakan 100.000 beasiswa pelatihan nongelar setiap tahun. Melalui DTS, Kemkominfo memberikan peluang mengasah keterampilan digital tingkat menengah untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, antara lain big data, artificial intelligence, machine learning, cloud computing, cybersecurity, dan pemanfaatan kemajuan teknologi digital lainnya. Untuk pengembangan keterampilan digital tingkat lanjutan, Kemkominfo memiliki program Digital Leadership Academy (DLA). Setiap tahun, sebanyak 300 pemangku kebijakan sektor publik dan privat berkesempatan mengikuti program ini. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading 20.000 Pelatihan Literasi Digital Digelar untuk Jangkau 12,4 Juta Peserta. Please share...!

Back To Top