Bank Mandiri Proyeksi Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 5%

Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Panji Irawan dalam acara media gathering virtual yang digelar Bank Mandiri, Rabu, 19 Mei 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan di tahun 2021 akan kembali ke jalur positif hingga 5%. Sebelumnya di 2020, kredit perbankan mengalami kontraksi hingga 2,4%.

"Bank Mandiri optimistis intermediasi perbankan secara perlahan terus membaik sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional. Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 4,4%, maka kami melihat pertumbuhan kredit akan berpotensi membaik menjadi 5%,” kata Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan dalam acara media gathering virtual yang digelar Bank Mandiri, Rabu (19/5/2021).

Terkait kinerja Bank Mandiri pada kuartal I 2021, Panji mengatakan kondisinya juga terus membaik dengan kualitas aset yang terjaga, di mana terjadi kenaikan total aset secara konsolidasi sebesar 20% secara year on year (yoy). Kredit Bank Mandiri secara ending balance juga tumbuh sebesar 9,1% yoy, sedangkan secara average balance tumbuh 8,1% yoy. Di sisi lain, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh cukup tinggi mencapai 25,5% yoy, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan DPK industri perbankan yang sebesar 9,5% yoy.

"Meski menurun akibat Covid-19, profitabilitas Bank Mandiri juga tetap terjaga dengan laba bersih setelah pajak pada kuartal I 2021 sebesar Rp 5,9 triliun. Adapun pendapatan bunga bersih Bank Mandiri tumbuh 12,5% yoy menjadi Rp 17,5 triliun,” ujar Panji.

Bank Mandiri juga turut berperan aktif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional melalui program restrukturisasi terhadap debitur yang terdampak Covid-19. Hingga kuartal I 2021, total nilai restrukturisasi yang telah disetujui sebesar Rp 124,2 triliun, terdiri dari debitur UMKM 33,9 triliun dan debitur non UMKM Rp 90,3 triliun. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bank Mandiri Proyeksi Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 5%. Please share...!

Back To Top