CommBank Mobile App Mudahkan Gen Y dan Gen Z Transaksi Perbankan

peluncuran aplikasi CommBank Mobile yang dilakukan secara virtual


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menurut riset Digital 2021 Indonesia Report, We Are Social and Hootsuite, pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 202 juta orang dengan 98% populasi memiliki mobile phone dan aplikasi mobile yang paling banyak digunakan adalah social media dan shopping application. Aplikasi perbankan dan keuangan juga banyak digunakan dan jumlah penggunanya meningkat yakni hampir 40% dari pengguna internet mengakses aplikasi tersebut. Namun sebesar 53% anak muda Indonesia berpendapat bahwa menabung itu mudah tapi kenyataannya menabung untuk mewujudkan tujuan keuangannya masih sulit dilakukan.

“Hal ini meyakinkan kami bahwa banyak orang membutuhkan aplikasi mobile untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka,” kata Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati pada acara peluncuran aplikasi CommBank Mobile yang dilakukan secara virtual, hari ini.

Untuk itulah Bank Commonwealth, meluncurkan CommBank Mobile, aplikasi perbankan untuk memenuhi kebutuhan keuangan sehari-hari dan membantu dalam mengelola keuangan lebih baik lagi untuk meraih rencana keuangan dan aspirasi anak muda Indonesia. Aplikasi CommBank Mobile merupakan bagian dari komitmen Bank Commonwealth dalam melanjutkan perjalanan transformasi digitalnya. “Kami berharap nasabah kami dapat menikmati produk perbankan yang simple, fun, secara menyeluruh tapi juga tetap aman digunakan,” kata Lauren.

Dalam mengembangkan aplikasi CommBank Mobile, Bank Commonwealth melakukan riset terhadap target penggunanya (CommBank Digital Customer Research, 2020) untuk mendapatkan masukan mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia. Hasilnya, mayoritas responden berpendapat bahwa mereka sangat konsumtif dan kesulitan untuk menabung, serta tidak memiliki kebiasan yang baik sehingga menjadi boros. Tapi, mereka juga menyadari pentingnya menabung dan mereka merasa bisa menabung lebih banyak lagi dengan perangkat yang tepat dan dapat membantu memenuhi tujuan mereka. Responden yang merupakan anak-anak muda ini berharap aplikasi mobile yang user friendly untuk membantu mereka mengelola keuangannya dengan lebih baik lagi. Aplikasi CommBank Mobile bukan hanya aplikasi mobile perbankan yang sederhana, tapi juga aplikasi layanan keuangan yang menyeluruh yang berpusat pada kebutuhan nasabah.

“Kami yakin, dengan CommBank Mobile, nasabah kami akan terdorong untuk meningkatkan kesejahteraan finansialnya dengan pengalaman perbankan yang intuitif dan menyenangkan dalam genggaman mereka,” kata Director for Digital and Strategy Bank Commonwealth Ming Chen.

Calon nasabah dapat membuka rekening Bank Commonwealth melalui aplikasi CommBank Mobile tanpa perlu ke cabang dan rekeningnya langsung aktif (fully digital onboarding), CommBank Mobile juga memiliki fitur anggaran atau budgeting. Nasabah dapat mengatur anggaran dan pengeluarannya dengan baik melalui kategorisasi pengeluaran mereka dengan mudah seperti membayar tagihan, kesehatan, pendidikan atau pengeluaran untuk liburan, makan di luar rumah.

Ketika pengeluaran yang sama dilakukan lagi, CommBank Mobile secara otomatis mengatur kategori tersebut yang dapat membantu nasabah melihat kembali kemana larinya pengeluaran-pengeluaran dananya . Nasabah juga dengan mudah mengatur anggaran pengeluaran bulanan untuk kategori-kategori tersebut untuk membantu mengingatkan mereka. CommBank Mobile juga dilengkapi dengan fasilitas pembayaran QR yang merupakan bagian dari Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk memudahkan nasabah melakukan pembayaran secara cepat dan mudah. Hal ini merupakan dukungan Bank Commonwealth terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

Fitur menarik lainnya dan sangat berguna adalah Goal Saver, produk yang membantu nasabah meraih financial goals nya. “Goal Saver ini merupakan produk tabungan yang sangat fleksibel dengan pengalaman digital yang menyeluruh dan suku bunga yang kompetitif. Nasabah dapat membuat akun Goal Saver dan menggunakan fitur uniknya melalui CommBank Mobile,” jelas Rian Kaslan, Head of Digital Channels and Delivery Bank Commonwealth.

Dengan Goal Saver, nasabah memiliki keleluasaan untuk mengatur periode tabungan termasuk jangka waktu dan nilai target, serta mudah untuk mengatur jumlah setoran awal untuk disimpan dan setoran rutin per bulan-nya. Dananya juga bisa diambil kapan saja, serta goals dapat diubah. Nasabah juga akan diberikan hadiah jika mencapai tujuan mereka dan menunjukkan perilaku keuangan yang baik, untuk memberikan motivasi dan insentif membangun kebiasaan pengelolaan keuangan yang tepat. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading CommBank Mobile App Mudahkan Gen Y dan Gen Z Transaksi Perbankan. Please share...!

Back To Top