FIF Group Lanjutkan Dukungan kepada UMKM Hadapi Krisis

Program pelatihan dengan konsep webinar berjudul “Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM” dihadiri oleh human capital (HC), general support (GS), and corporate communication Director FIF Group Esther Sri Harjati (kiri atas) dan Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Sigit Prabowo Kumala (kiri bawah)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Federal International Finance (FIF Group) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, kembali memberikan dukungannya untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dukungan diberikan dengan melakukan pembinaan dan pengembangan melalui program pelatihan dengan konsep webinar berjudul “Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM”, Selasa (25/5/2021). Kegiatan yang berkolaborasi dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) ini digelar untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui dukungan pembinaan UMKM di Indonesia.

Human capital, General Support, and Corporate Communication Director FIF Group, Esther Sri Harjati, menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid 19 saat ini menjadi pukulan keras bagi seluruh pengusaha terutama bagi pelaku UMKM. "Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi perekonomian saat ini, kita perlu tetap memberikan dukungan kita bagi pelaku UMKM agar dapat lebih tangguh dalam bertahan dari terpaan krisis yang terjadi saat ini," kata Ester dalam membuka kegiatan Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM.

Menurutnya disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan sangat penting dilakukan oleh seluruh pelaku UMKM. Pencatatan keuangan menjadi faktor penting dan merupakan pondasi kuatnya sebuah usaha untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis seperti yang terjadi saat ini. "Melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata Esther

Dalam kesempatan itu, Lukas yang merupakan pria kelulusan Magister Manajemen Institut Pendidikan dan Pengembangan Manajemen Jakarta tersebut memberikan pembelajaran kepada seluruh UMKM binaan program kolaborasi Grup Astra.

Pria yang pernah menjabat sebagai Investment Director Dana Pensiun Astra ini, menyampaikan bahwa terdapat empat faktor penting yang mendorong lakunya produk dan jasa pada usaha yang dijalankan. Pertama adalah lokasi jualan, lalu strategi menetapkan harga jualan, ketiga kualitas yang ditawarkan dan keempat dengan meningkatkan pelayanan yang diberikan. “Perlu adanya perhitungan yang matang terkait dengan biaya-biaya yang dibutuhkan sebagai operasional dalam menjalankan usaha kita, seperti menentukan pengeluaran yang kita butuhkan. Pastikan seluruh pemasukan juga dicatat, sehingga kita bisa alokasikan keuntungan kita seberapa besar untuk bayar cicilan pinjaman, tabungan, dan juga biaya hidup,” tutur Lukas. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading FIF Group Lanjutkan Dukungan kepada UMKM Hadapi Krisis. Please share...!

Back To Top