Perkenalkan, Daihatsu Rocky 'Adiknya' Terios

Daihatsu Rocky (Foto: Daihatsu)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Daihatsu Rocky yang baru saja diluncurkan di Indonesia punya sejumlah perbedaan mendasar dengan Terios yang sekarang masih menjadi salah satu model paling laris di Indonesia. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan bahwa tidak ada kekhawatiran kehadiran Rocky akan menggerus pasar Terios.

“Kalau saya bilang, Daihatsu Rocky ini adiknya Terios, karena Rocky tipe five-seater (lima kursi) dan Terios seven-seater,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Divisi Marketing PT Astra International Daihatsu Sales Operation, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Rocky lebih untuk kaum muda yang menginginkan style dan menuntut safety features lebih banyak, sedangkan Terios lebih untuk keluarga yang butuh space. Mulai hari ini Rocky dikirim secara bertahap ke seluruh diler Daihatsu di Indonesia, sebagian dimaksudkan sebagai display unit untuk dipamerkan di showroom. “Mobil kan barang mahal, pembeli pasti ingin melihat, ingin feel and touch sebelum memutuskan membeli,” kata Hendrayadi.

Lalu apa bedanya Rocky dengan saudara kembarnya Toyota Raize?

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Komunikasi dan Marketing ADM, perbedaan utama pada tampilan grille depan. “Tampilan grille Daihatsu seperti tersenyum lebar”. Selebihnya untuk fitur-fitur yang ada di Rocky dan Raize relatif sama, tergantung pada tipe dan harga masing-masing. Dimensi Rocky di Indonesia dan versi yang dijual di Jepang juga sama. “Bedanya kita menggunakan ban lebih tinggi, 16 inci, dan bumper belakang lebih tebal. Jadi kalau dibilang Rocky di Indonesia lebih besar dimensinya, itu tidak salah juga,” ujarnya.

Pilihan ban disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, di mana banyak medan yang menantang. Sebelum dipasarkan, Rocky sudah menjalani uji coba semua tipe jalan di Indonesia di fasilitas pengujian Daihatsu dan melakukan perjalanan tol Trans Jawa pulang pergi, menurut keterangan perusahaan. Rocky diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang untuk melayani pasar lokal dan global. Produk ini akan diekspor ke 50 negara dengan brand Toyota. “Ekspor akan dimulai pada Agustus 2021 karena untuk tahap awal ini kami akan memenuhi pasokan untuk pasar domestik, yang mulai dibuka 30 April, hari ini,” imbuhnya.

Varian Daihatsu Rocky yang dipasarkan di Indonesia mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder dengan teknologi turbocharger, sehingga memiliki tenaga setara 1.500 cc. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Perkenalkan, Daihatsu Rocky 'Adiknya' Terios. Please share...!

Back To Top