Platform Digital Dukung Transformasi Dunia Pendidikan

Manajemen SeOn melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang telah memanfaatkan layanannya. Memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan, SeOn ingin mendengarkan dan melihat secara langsung respon yang dirasakan oleh para pengguna



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sekolah merupakan salah satu komunitas yang terdampak dan mengalami pergeseran budaya serta tata cara, akibat pandemi Covid-19. Tidak hanya mekanisme belajar-mengajar yang diubah menjadi daring, namun juga segala koordinasi baik antar guru maupun dengan wali murid yang sebelumnya dilakukan melalui pertemuan langsung, menjadi sangat terbatas. Perubahan tersebut juga berdampak pada administrasi dan koordinasi di lingkungan sekolah yang mau tidak mau harus segera di transformasikan ke dalam basis digital agar lebih efektif dan efisien.

Founder dan CEO SeOn Indonesia, Deka D Kartaji, mengatakan selaras dengan pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makariem, bahwa digitalisasi sekolah menjadi tema utama di 2021, SeOn siap menjadi solusi dan jawaban sehingga tema tersebut dapat benar-benar terwujud. "Platform digital ini didesain benar-benar menyerupai mapping sekolah. Memasuki halaman muka aplikasi SeOn, serasa kita memasuki halaman sekolah. Terlihat kelas-kelas, ruang guru, perpustakaan, hingga ruang ekstrakulikuler. Nuansa tampilannya yang dibuat seperti layaknya media sosial, membuat beraktivitas di SeOn terasa menyenangkan,” ujar Deka, Kamis (6/5/2021).

Deka menjelaskan, jelang satu tahun hadir sebagai platform digital yang mengakomodasi sistem manajemen sekolah, SeOn melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang telah memanfaatkan layanannya. Memberikan nuansa baru dalam dunia pendidikan, SeOn ingin mendengarkan dan melihat secara langsung respon yang dirasakan oleh para pengguna. "Penting bagi kami untuk mendengarkan secara langsung respon serta masukan dari pihak sekolah mengenai hasil penggunaan SeOn. Hampir setahun sejak diluncurkan, pengembangan di berbagai sisi masih terus kami lakukan demi makin maksimalnya manfaat SeOn bagi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar,” jelas Deka.

Deka menambahkan, rangkaian kunjungan yang dilakukan secara periodik ini juga sekaligus sebagai sarana untuk memberikan apresiasi kepada sekolah beserta warganya yang telah aktif menggunakan layanan SeOn. Dalam periode kunjungan kali ini, 4 sekolah dari 502 sekolah di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SeOn, mendapatkan kesempatan kunjungan dan menerima secara langsung berbagai hadiah sebagai bentuk apresiasi. Adapun sekolah-sekolah tersebut antara lain SMPN 66 Jakarta,S DN Samper Barat 01 Jakarta, SMPN 1 Parongpong Bandung Barat, dan SMPN 10 Cimahi.

Apresiasi ini merupakan bagian dari Customer Relationship Program, yang dinamakan SeOn Point, di mana setiap pengguna SeOn dapat mengumpulkan dan menukarkan poin dengan hadiah-hadiah yang telah disiapkan mulai dari voucher, tas, sepeda, smartphone, laptop, LED TV, kulkas hingga paket umrah. Tidak hanya akun sekolah saja yang dapat menukarkan poin ke dalam bentuk hadiah, namun juga akun milik dari siswa, guru, hingga wali murid punya kesempatan yang sama untuk menikmati berbagai hadiah melalui program SeOn Points.

Poin tersebut merupakan reward dari tiap aktivitas yang dilakukan pemilik akun. Misalnya guru menuliskan soal di bank soal atau siswa mengerjakan tugas. Setiap aktivitas pengguna di platform SeOn akan mendapatkan poin. Harapannya, dengan skema reward ini, siswa makin semangat belajar, guru makin semangat mengajar, orang tua makin aktif terlibat, sehingga sekolah dapat secara optimal melaksanakan proses pendidikan. "SeOn Point adalah bentuk apresiasi kepada para guru, siswa, dan orangtua yang sudah terlibat aktif dalam proses pembelajaran di sekolah. Kami berharap program ini bisa memotivasi seluruh warga sekolah agar tetap melanjutkan kerja keras dan ketulusan dalam memberikan pendidikan terbaik bagi para siswa dengan dukungan platform digital SeOn,” pungkas Deka. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Platform Digital Dukung Transformasi Dunia Pendidikan. Please share...!

Back To Top