Tren Cashless Makin Populer, Pentingnya Pelaku Usaha Sediakan QRIS

Ilustrasi pelaku usaha mitra Youtap yang sedang melayani pembayaran lewat QRIS. (Foto: Youtap)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Seiring dengan berkembangnya teknologi, inovasi metode pembayaran berupa dompet digital hingga scan QR mulai bermunculan. Masyarakat pun dengan cepat beralih ke metode pembayaran non tunai (cashless) ini lantaran lebih praktis. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, transaksi non tunai menjadi primadona karena alasan higienitas. Menariknya lagi, seseorang bahkan bisa memiliki lebih dari dua dompet digital (e-wallet). Hal ini berdasarkan hasil riset perusahaan teknologi Youtap Indonesia. Beberapa waktu lalu, Youtap menggelar survei daring untuk melihat metode pembayaran pilihan konsumen untuk berbelanja kebutuhan Ramadan yang diikuti oleh 1.980 responden.

“Dari penelitian internal serta hasil survei yang kami lakukan, terlihat lebih banyak responden yang memiliki dompet digital dibandingkan memiliki rekening bank. Satu responden bahkan bisa mempunyai lebih dari dua dompet digital yang ter-install di handphone-nya namun hanya memiliki satu mobile banking,” kata Herman Suharto selaku CEO Youtap Indonesia.

Youtap memperkirakan tren ini mungkin disebabkan kemudahan registrasi untuk membuka akun dompet digital. Sebagaimana diketahui, pendaftaran dompet digital bisa langsung dilakukan dari handphone. Data-data pribadi yang dibutuhkan juga umumnya berupa nomor telepon dan e-mail.

Lebih lanjut, survei yang sama menunjukkan 47% responden memilih untuk menggunakan dompet digital atau QRIS meskipun terdapat berbagai jenis pilihan metode pembayaran lainnya. Sementara itu, hanya 14% memilih untuk menggunakan kartu debit. Maraknya tren cashless ini mengharuskan pelaku usaha untuk melayani berbagai metode pembayaran, khususnya non tunai. Apalagi saat ini banyak dompet digital maupun m-banking yang tersedia di pasaran. Memastikan kenyamanan berbelanja juga menjadi salah satu cara bagi pelaku usaha untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Dalam hal ini, pelaku usaha dapat menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Hanya dengan satu kode QR saja, pelaku usaha dapat menerima berbagai jenis pembayaran cashless. Transaksi akan berlangsung lebih cepat, aman, dan nyaman.

“Penting bagi para pemilik usaha untuk dapat menyediakan semua jenis metode pembayaran yang dapat memfasilitasi kebutuhan pembeli,” kata Herman.

Diketahui Youtap menyediakan layanan pembayaran dengan fasilitas QRIS, sehingga para pelaku usaha dapat memberikan pilihan metode pembayaran beragam bagi konsumen mereka. Dengan QRIS yang difasilitasi oleh Youtap, pelaku usaha dapat melayani berbagai metode pembayaran e-wallet dan mobile banking, termasuk Link Aja, Shopee Pay, OVO, GoPay, BCA Mobile, DANA, Mandiri Online, Permata Mobile X, Octo Mobile. Semuanya cukup dengan satu kode QR. Selain layanan kasir dan laporan keuangan, Youtap menyediakan berbagai solusi digital bagi pelaku usaha untuk mengelola usahanya lewat Aplikasi Usaha Youtap dan Tablet Usaha Youtap, dengan fitur-fitur lengkap lainnya untuk membantu kebutuhan usaha. Semua solusi tersebut terintegrasi dengan Portal Usaha Youtap, portal khusus dengan tampilan yang lebih profesional sehingga membantu para pemilik usaha lebih mudah menangkap peluang. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Tren Cashless Makin Populer, Pentingnya Pelaku Usaha Sediakan QRIS. Please share...!

Back To Top