Cegah Stunting, Hasto Minta Calon Pengantin Juga Fokus Prekonsepsi

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo memberikan keterangan kepada media terkait strategi BKKBN mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia di Kantor BKKBN, Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengimbau calon pengantin untuk tidak hanya fokus kepada prewedding, tetapi harus mempersiapkan prekonsepsi untuk mencegah stunting.

Hasto menjelaskan, mencegah stunting harus dimulai dari sebelum kehamilan. Sayangnya, yang terjadi selama ini calon pasangan pengantin lebih fokus memersiapkan prewedding.Sedangkan, untuk prekonsepsi masih dinomorduakan. Padahal, prekonsepsi tidak membutuhkan anggaran hanya periksa hemoglobin dan kesehatan lainnya. “Kita ini kadang-kadang masih miskin, masih agak bodoh tapi agak gaya. Nilainya keliru dan keliru yang mahal. Itulah ilmu walaupun kecil penting untuk selalu kita sampaikan,” kata Hasto pada Seminar Nasional Daring “Pencegahan Stunting Keluarga Muslim Sehat, Generasi Kuat Sejahtera”, Rabu (30/6/2021).

Menurut Hasto wajib mengecek kadar hemoglobin, agar apabila ditemukan kekurangan hemoglobin atau anemia, perempuan perlu mengkonsumsi tablet tambah darah. Pasalnya, calon ibu yang mengalami anemia berisiko melahirkan bayi stunting. Masalah stunting ini menjadi perhatian pemerintah karena harus mempersiapkan generasi unggul untuk menyongsong bonus demografi.

Hasto menyebutkan, berdasarkan data sensus penduduk 2020, jumlah terbanyak adalah generasi muda sebanyak 64,69%. Oleh karena itu, perlu memberi pemahaman khusus terhadap generasi muda karena akan menyambut bonus demografi. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan generasi yang sehat dan unggul untuk memetik bonus demografi dalam bentuk kesejahteraan. “Kunci sukses bisa memetik atau mentransformasikan bonus demografi menjadi bonus kesejahteraan adalah ada generasi muda atau remaja. Apabila generasi muda ini tidak menikah di usia muda, tidak putus sekolah, tidak hamil berulang kali maka Insyaallah kematian ibu menurun karena tidak banyak anak yang ditinggal mati ibunya,” kata Hasto. (ym)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cegah Stunting, Hasto Minta Calon Pengantin Juga Fokus Prekonsepsi. Please share...!

Back To Top