40% Siklus Bayi Tabung di Indonesia Dilakukan di Morula IVF

Ilustrasi bayi tabung. (Foto: Dok)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Saat ini terdapat lebih 36 layanan in vitro fertilization (IVF) atau program bayi tabung di Indonesia dengan angka siklus mencapai 10.000. Dari jumlah itu, sekitar 40% dilakukan di klinik Morula IVF Indonesia yang merupakan bagian Bundamedik Healthcare System.

"Program bayi tabung sebetulnya sudah menjadi tuan rumah di Indonesia. Saat ini jumlah siklus bayi tabung di Indonesia sudah mencapai lebih dari 10.000 siklus," kata President Director Morula IVF Indonesia, dr. Ivan Riza Sini SpOG dalam keterangan tertulisnya Kamis (15/7/2021).

Ivan mengatakan dibandingkan dengan negara tetangga, jumlah siklus bayi tabung di Indonesia sangat besar sehingga pengalaman dokter lebih tinggi. Sepanjang 2020, Morula IVF telah melakukan total 4.015 prosedur bayi tabung dan memiliki tingkat keberhasilan bulanan rata-rata 53%. "Prognosis yang baik di antara wanita di bawah 35 tahun," kata dia.

Morula IVF yang berdiri sejak 1997, dalam 3 tahun terakhir memperlihatkan kinerja pertumbuhan signifikan di Indonesia, baik dari segi pendapatan, jumlah cabang, keberadaan negara, jumlah prosedur bayi tabung, dan tingkat keberhasilan. Pada 2018, Morula IVF memiliki sembilan cabang, dan meningkat mencapai 10 cabang pada 2020. Empat dari cabang tersebut berlokasi di Jakarta, dan sisanya tersebar di di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Padang, dan Pontianak. Untuk menjalankan program bayi tabung, pasangan harus memenuhi beberapa persyaratan seperti tidak boleh pada pasangan yang belum menikah, tidak menggunakan ibu pengganti, tidak boleh menggunakan bank sperma, hingga tidak boleh pada pasangan yang sudah meninggal dunia. Selain itu, diwajibkan mempersiapkan buku nikah sipil. Setelah melewati proses administrasi, pasangan suami istri akan melalui beberapa pemeriksaan kesehatan, pengecekan sperma serta konseling untuk persiapan mental. "Ada tim konseling untuk pasien karena ini penting sekali untuk melalui proses yang naik turun selama program bayi tabung," ucap dr. Ivan.

Sementara Managing Director Morula IVF Indonesia, Ade Gustian Yuwono mengatakan Morula IVF meraih penghargaan sebagai ‘2021 Best Practices Award-IVF Company of The Year” dari Frost and Sullivan. “Kami ingin terus memberikan solusi dan edukasi kepada pasien mengenai pelayanan IVF di Indonesia,” ujar dia.

Global Practice Area Leader Healthcare and Life Sciences Frost and Sullivan Nitin Naik mengatakan Morula IVF terus menangani kebutuhan industri infertilitas Indonesia yang sebelumnya belum terpenuhi sepenuhnya. "Kami juga melihat strategi pertumbuhan Morula IVF dengan memperluas jejaknya di Indonesia lewat kehadiran 10 klinik Morula IVF dan satu Morula Lounge pada tahun 2020 dengan mengutamakan practice excellence,” ungkap Nitin.

Mengantongi sertifikasi internasional, Morula IVF telah membantu 90.000 pasangan dari seluruh dunia dengan tingkat keberhasilan kehamilan tertinggi hingga 72%. Hal ini menjadikan Morula IVF sebagai salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia. (sd)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading 40% Siklus Bayi Tabung di Indonesia Dilakukan di Morula IVF. Please share...!

Back To Top