Intraco Penta Optimistis Permintaan Alat Berat Meningkat karena Harga Komoditas

Direktur Intraco Penta, Eddy Rodianto



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Emiten distributor alat berat, PT Intraco Penta Tbk (INTA) optimistis permintaan alat berat pada tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun lalu didukung kenaikan harga komoditas.

Direktur PT Intraco Penta Tbk, Eddy Rodianto mengatakan, permintaan alat berat tahun ini akan meningkat pesat diiringi dengan melonjaknya harga batu bara dan komoditas lainnya. “Secara makro ekonomi, kami melihat program vaksinasi Covid-19 berjalan lancar, sehingga pertumbuhan di sektor ini akan semakin membaik,” ujar dia dalam paparan publik perseroan, Rabu (30/6/2021).

Dia mengatakan permintaan alat berat utamanya datang dari tambang nikel, Sulawesi, dimana saat ini mengalami peningkatan pesat. Perseroan sebagai penyedia alat berat dan suku cadang menerima banyak permintaan dari sektor tersebut. Selain itu, permintaan juga datang dari komoditas emas dan bauksit. “Harga komoditas sangat berdampak terhadap penjualan alat berat, dengan kenaikan harga batu bara di atas US$ 100 saja itu sudah menaikkan permintaan luar biasa. Jadi kami sangat optimistis di tahun ini bahwa permintaan alat berat akan meningkat dibandingkan tahun lalu,” ujar dia.

Untuk perbandingan, pada kuartal I 2021, kenaikan permintaan alat berat di luar sektor tambang itu sebesar 43% dibandingkan dengan kuartal IV 2020. Seiring naiknya harga komoditas, perseroan menilai sektor-sektor tersebut menjadi sangat menarik untuk tahun ini. Di sisi lain, perseroan pada tahun ini sangat berhati-hati dalam menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex). Perseroan juga akan melakukan efisiensi operating expense (opex). Adapun capex tahun ini rencananya akan difokuskan untuk meremajakan alat-alat berat, terutama yang disewakan kepada customer loyal. “Sementara untuk sumber pendanaan belanja modal berasal dari arus kas yang kami putar dan kami coba upayakan,” ujar dia.

Sedangkan untuk pendapatan dan laba bersih tahun ini, perseroan memperkirakan kembali terjadi sedikit kontraksi. Namun di tahun 2022 perseroan optimis kinerja keuangannya akan kembali membaik. “Jadi kami harapkan kerugian dialami pada tahun 2020 berkurang sangat banyak, tapi mungkin secara laba besih kita masih negatif dan di tahun 2022 diharapkan sudah bisa kembali positif,” ujar dia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Intraco Penta Optimistis Permintaan Alat Berat Meningkat karena Harga Komoditas. Please share...!

Back To Top