BI: Investor Ritel Perkuat Pasar Keuangan Hadapi Ketidakpastian Global

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan sambutan pada pembukaan rangkaian acara Like It, Selasa, 3 Agustus 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan, investor ritel memiliki peran yang sangat penting dalam rangka mengembangkan sistem keuangan Indonesia. Ada tiga alasan yang mendasari hal tersebut. Pertama, perlu investor ritel untuk membangun negeri dan menginvestasikan dana untuk negeri. Kedua, dengan semakin banyaknya partisipasi dari investor ritel, tingkat perputaran uang akan baik sehingga mendukung efektivitas kemajuan ekonomi. Ketiga, basis investor ritel sangat diperlukan untuk memperkuat ketahanan ekonomi, khususnya pasar keuangan. Hal ini merupakan bagian dari reformasi struktural.

“Semakin banyak investor ritel, pasar keuangan akan semakin kuat dalam menghadapi ketidakpastian perekonomian global,” kata Perry Warjiyo dalam pada pembukaan rangkaian acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It), Selasa (3/8/2021).

Perry menambahkan, BI juga turut berkontribusi mendorong pendalaman pasar keuangan baik melalui pengembangan instrumen pasar uang dan pasar valas, serta infrastruktur pasar keuangan. Investor ritel, kami butuh Anda. Untuk negara, untuk ekonomi dan pasar keuangan, dan juga untuk Anda sendiri. Menurutnya investor juga harus memiliki investasi yang menguntungkan dan aman. Oleh karena itu investor diimbau untuk lebih mengenali produk-produk dari investasinya, dan terkait risiko dalam investasi selain di sisi imbal hasil.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menegaskan, OJK juga terus mendorong peningkatan literasi keuangan sejalan dengan terus bertambahnya jumlah investor individu yang membeli berbagai instrumen investasi keuangan. Seperti jumlah investor di pasar modal yang meningkat menjadi 5,60 juta (96% yoy) pada Juni 2021 dan didominasi oleh investor ritel terutama kalangan milenial yang mencapai 70%. “Literasi keuangan menjadi aspek penting bagi investor ritel yang menjadi follower di pasar modal, sehingga dapat melindungi investor dari investasi ilegal dan memitigasi investasi yang hanya berorientasi pada keuntungan jangka pendek yang tinggi tanpa mempertimbangkan risiko, aspek legalitas produk serta aspek kewajaran penawaran,” kata Wimboh. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BI: Investor Ritel Perkuat Pasar Keuangan Hadapi Ketidakpastian Global. Please share...!

Back To Top