Danacita dan UNM Berikan Beasiswa Digital Rp 3,6 Miliar untuk 300 Peserta

Danacita sebagai sebuah platform pembiayaan yang memiliki tagline ‘Solusi Cerdas Bayar Kuliah dan Kursus’ berkomitmen untuk membantu calon mahasiswa dalam pembiayaan sehingga kuliah menjadi lebih mudah pada akhirnya mimpi besar semua pelajar bisa lebih mudah terwujud



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Masih minimnya tingkat partisipasi akses perguruan tinggi di Indonesia, menjadi peluang bisnis bagi startup fintech Danacita. Dengan model bisnis yang berbeda dibanding pemain sejenis, Danacita ingin mewujudkan cita-cita setiap pelajar Indonesia melalui pemberian pembiayaan pendidikan yang terjangkau.

Danacita, platform pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan ErudiFi, perusahaan berbasis teknologi dengan misi membangun masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak muda se-Asia Tenggara. Sejak berdiri tahun 2018, Danacita telah berhasil memberikan solusi pembiayaan bagi ribuan pelajar untuk dapat kuliah di kampus pilihan mereka di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia. Danacita juga telah terdaftar sebagai platform P2P (peer to peer lending) di OJK. Tujuan tersebut mendorong Danacita menjalin kerja sama dengan Universitas  Nusa Mandiri (UNM) untuk menyediakan program pembayaran bulanan bagi seluruh mahasiswa kampus tersebut. Program beasiswa kuliah secara penuh atau 100% bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang disebut sebagai Program Beasiswa Digital juga merupakan hasil dari kerja sama erat antara UNM dan Danacita untuk membantu lebih banyak lagi pelajar menempuh kuliah di beberapa program studi UNM, yaitu Manajemen, Data Sains dan Bisnis Digital pada tahun Akademik 2021/2022 ini.

Alfonsus Wibowo, Direktur Utama Danacita menjelaskan, kerja sama ini dilakukan sejalan dengan misi besar Danacita, yaitu Making Education Affordable yang juga sejalan dengan komitmen dari UNM untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas serta bertalenta digital di masa mendatang.

Menurutnya, pendidikan adalah salah satu kunci penting yang diperlukan untuk dapat memiliki daya saing dalam memasuki era revolusi industri 4.0.  Karena itu, wajar jika permintaan terhadap akses pendidikan tinggi berkualitas terus meningkat dari tahun ke tahun. Adapun demikian, ternyata tak semua bisa meraih pendidikan tinggi lantaran terkendala biaya. Danacita sebagai sebuah platform pembiayaan yang memiliki tagline ‘Solusi Cerdas Bayar Kuliah dan Kursus’ berkomitmen untuk membantu calon mahasiswa dalam pembiayaan sehingga kuliah menjadi lebih mudah pada akhirnya mimpi besar semua pelajar bisa lebih mudah terwujud. "Dengan menghadirkan pembiayaan pendidikan terjangkau bagi pelajar dan tenaga profesional, kami ingin membuka peluang untuk lebih banyak lagi anak muda Indonesia menempuh pendidikan tinggi dan meraih pendidikan impian mereka. Adanya kesempatan untuk meluncurkan program Beasiswa Digital dengan pihak UNM juga merupakan bagian dari komitmen besar kami untuk memperluas akses pendidikan bagi seluruh anak bangsa," katanya secara virtual (4/8/2021).

Menurut Alfonsus, Program Beasiswa Digital yang digelontorkan bersama UNM ini mencapai Rp 3,6 miliar untuk 300 calon mahasiswa terpilih yang telah disaring dengan beberapa kriteria. Selanjutnya, penerima Beasiswa Digital akan dibebaskan biaya pada semester 1 dan 2. Untuk semester 3 dan seterusnya, beasiswa diberikan berdasarkan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari mahasiswa.

Untuk pendaftarannya sendiri, calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti ujian saringan,dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi PMB Nusa Mandiri. Form seleksi beasiswa akan diberikan saat calon mahasiswa telah mengikuti Jika lolos ujian saringan. Calon mahasiswa nantinya akan dipilih melalui seleksi akademis dari UNM dan Danacita yang berlangsung mulai tanggal 1-20 Agustus 2021. Calon mahasiswa harus menyertakan dokumen, seperti salinan nilai rapor terakhir dan menulis essay singkat sebanyak 300 kata yang menjelaskan bagaimana program studi UNM dapat membantu mahasiswa di masa depan untuk meraih mimpinya.

Pengumuman beasiswa akan dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2021, dan bagi mahasiswa yang menerima beasiswa akan melanjutkan proses daftar ulang tanggal 30 Agustus 2021. Selanjutnya, mahasiswa bisa mengikuti tahun akademik 2021/2022 yang dimulai pada bulan September.

"Kerja sama Program Beasiswa Digital ini dapat memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan melanjutkan studi di perguruan tinggi. Sehingga setiap generasi muda dapat meraih pendidikan terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Dwiza Riana selaku  Rektor Universitas Nusa Mandiri menyambut baik kerja sama tersebut. Kolaborasi ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat di masa-masa pandemi Covid-19 untuk tetap bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan “Pandemi ini adalah masa yang sulit bagi sebagian orang, akan tetapi kesempatan untuk tetap belajar harus tetap terbuka dan beasiswa ini adalah satu dari sekian banyak beasiswa yang tersedia di Universitas Nusa Mandiri,” dia menegaskan. (sd)

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Danacita dan UNM Berikan Beasiswa Digital Rp 3,6 Miliar untuk 300 Peserta. Please share...!

Back To Top