Lewat Celengan, BCA Serukan Literasi Keuangan bagi Generasi Muda

BCA menghadirkan berbagai program literasi keuangan bagi generasi muda. Salah satunya CELENGAN “Cerdas Kelola Keuangan”



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong generasi muda melek literasi keuangan atau finansial melalui program "Celengan" atau Cerdas Kelola Keuangan. Inisiatif ini membagikan 500 rekening Simpel (simpanan pelajar) bagi siswa-siswi SMAN 3 Serang, Banten sekaligus menghadirkan webinar literasi finansial.

“Pendidikan literasi keuangan diperlukan untuk mendidik serta memberikan pemahaman mengenai cara mengelola keuangan yang bijak dan sesuai tujuannya. BCA hadir melalui program Celengan ingin merangkul seluruh masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya finansial literasi,” kata Kepala KCU BCA Serang Kusjanto Widjaja dalam keterangan tertulisnya Rabu (18/8/2021).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tahun 2019 indeks literasi keuangan mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan 76,19%. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program OJK yaitu KEJAR Satu Rekening Satu Pelajar. Penyerahan rekening ini upaya BCA dalam meningkatkan kesadaran siswa untuk mulai membudayakan menabung sejak dini. Kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan BCA guna mencapai target KEJAR yaitu inklusi keuangan 90% pada tahun 2024.

Kusjanto Widjaja menegaskan menanamkan budaya menabung sejak dini dapat mendidik anak untuk belajar disiplin, membentuk pola pikir lebih menghargai uang, dan menghindari perilaku konsumtif. Sebagai informasi,sejumlah sekolah yang telah menerima rekening ini antara lain enam sekolah binaan BCA di Serang dan Gunungkidul yaitu SMAN 3 Kota Serang, SMPN 6 Kota Serang, SMPN 1 Karangmojo, SMPN 1 Semanu, SMPN 1 Ponjong dan SMAN 1 Karangmojo.

Sementara itu, rekening Simpel merupakan produk tabungan khusus bagi pelajar PAUD, SD, SMP dan SMA sebagai alat belajar mempersiapkan masa depan. "BCA berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan literasi finansial pada generasi muda," kata Kusjanto. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Lewat Celengan, BCA Serukan Literasi Keuangan bagi Generasi Muda. Please share...!

Back To Top