PermataBank Hadirkan PermataME Campus Ambassador Program untuk Perkuat Literasi Keuangan Generasi Muda

PermataBank menjalin kerja sama dengan berbagai universitas terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia Banking School, Universitas MH. Thamrin, Universitas Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Perbanas Institute, dan Sampoerna University untuk membagikan ilmu terkait seputar keuangan dan investasi kepada mahasiswa serta membuka kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk menjadi bagian dari PermataBank melalui program magang



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka upaya menebar semangat #CANTSTOPME bagi generasi muda untuk lebih melek finansial, PermataBank meluncurkan PermataME Campus Ambassador Program. Dalam menjalankan program ini, PermataBank menjalin kerja sama dengan berbagai universitas terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia Banking School, Universitas MH. Thamrin, Universitas Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Perbanas Institute, dan Sampoerna University untuk membagikan ilmu terkait seputar keuangan dan investasi kepada mahasiswa serta membuka kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk menjadi bagian dari PermataBank melalui program magang.

Melansir Hasil Sensus Penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia tengah mengalami bonus demografi dengan proporsi penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70,72%. Dari data tersebut, dilaporkan pula bahwa anak-anak muda dari kelompok gen Z dan milenial mendominasi penduduk Indonesia dengan proporsi masing-masing mencapai 27,94% dan 25,87%. Data dari BPS juga mengungkapkan bahwa jumlah anak muda usia 20-24 tahun di Indonesia mencapai lebih dari 22 juta jiwa pada tahun 2020. Di tengah bonus demografi ini, pemahaman mengenai finansial dan investasi pada kelompok ini masih perlu digalakkan. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan pada anak muda masih tergolong rendah[3]. Fakta tersebut menegaskan perlunya campur tangan berbagai pihak untuk lebih gencar mendengungkan literasi keuangan di generasi kunci ini.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengungkapkan, PermataME Campus Ambassador Program merupakan langkah nyata kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya di segmen generasi muda. Terlebih saat ini, demografi penduduk Indonesia tengah didominasi oleh anak muda. "Besar harapan kami program ini akan menjadi awal yang baik bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mendalam terkait keuangan dan investasi, serta dapat membagikan ilmu tersebut ke lingkungan kampusnya dan orang di sekitar mereka," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2021).

PermataME Campus Ambassador Program terbagi atas 3 tahapan kegiatan yaitu In-Class Program, Ambassador Program, dan Internship Program. Di tahapan In-Class Program para peserta PermataME Campus Ambassador akan mengikuti serangkaian pelatihan dan seminar mulai dari pengetahuan terkait industri keuangan dan perbankan, kepemimpinan, hingga budaya kerja di PermataBank. Memasuki tahapan Ambassador, para mahasiswa yang terpilih menjalankan tugasnya sebagai duta kampus dalam membangkitkan kesadaran generasi muda di sekelilingnya untuk lebih melek finansial sekaligus berperan mempromosikan kampanye PermataME #CANTSTOPME kepada teman-temannya di kampus. Dalam tahapan ini, Campus Ambassador mendapatkan  kesempatan untuk bekerja sama dengan PermataBank dalam pelaksanaan acara webinar dari segi promosi dan mendapatkan narasumber yang ahli di bidangnya dari PermataBank.

Webinar pertama telah diadakan pada tanggal 21 Agustus 2021 dengan tema “Modal Uang Jajan, Masa Depan Aman”. Acara inaugurasi tersebut dihadiri oleh Founder Ternak Uang, Timothy Ronald dan Head Investment Products PermataBank, Yose Stefanus sebagai narasumber beserta dengan Stand-Up Comedian, Yudha Keling sebagai moderator, dan sukses menggaet lebih dari 500 mahasiswa dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Selesai menjalankan tugasnya sebagai Campus Ambassador, para mahasiswa berkesempatan menjalani program magang selama 3 bulan dan merasakan secara langsung pengalaman bekerja di PermataBank. Dalam Internship Program ini, mahasiswa akan dibimbing langsung oleh para ahli dan akan ditempatkan di berbagai departemen kerja PermataBank.

Dayan Sadikin, Direktur Human Resources PermataBank mengatakan, generasi muda adalah tulang punggung perubahan dan kemajuan. Hal ini berlaku pula di sektor keuangan dan perbankan. Namun data menunjukkan bahwa kita masih memiliki pekerjaan rumah bersama agar kesadaran finansial pada kelompok anak muda dapat ditingkatkan. Karenanya kami berupaya merangkul mereka dalam program internship. "Kami optimis PermataME Campus Ambassador Program dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung upaya pemerintah demi meraih visi bersama ini," lanjutnya.

PermataME menawarkan berbagai produk perbankan bagi generasi muda yang dengan mudah dapat diakses melalui mobile banking super app PermataBank, PermataMobile X. Tidak hanya meningkatkan literasi finansial generasi muda melalui program PermataME Campus Ambassador, PermataBank juga fokus mendorong generasi muda untuk berani memulai investasi. Sebelumnya, PermataBank sudah menghadirkan fitur e-Registration untuk pembuatan Single Investor ID (SID) secara online melalui PermataMobile X maupun PermataNet. Melalui produk PermataME Wealth Management, PermataBank bahkan memberikan kemudahan kepada generasi muda untuk bisa berinvestasi dengan uang saku mereka mulai dari Rp100 ribu. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PermataBank Hadirkan PermataME Campus Ambassador Program untuk Perkuat Literasi Keuangan Generasi Muda. Please share...!

Back To Top