Sambut PON XX, Pemprov Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism

Launching aplikasi Papua Tourism, Rabu 18 Agustus 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua meluncurkan aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Sub Koordinator Pameran dan Pentas Seni Budaya Provinsi Papua, Enrico Yory Kondologit mengatakan, kedua program tersebut adalah merupakan wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 klaster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya. “Tujuan dari Launching Aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 klaster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai e-commerce penjualan produk budaya secara online,” ujar Enrico dalam acara launching aplikasi Papua Tourism, Rabu (18/8/2021).

Enrico menjelaskan, tujuan program Gerai Honai Papua adalah mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 klaster PON XX Papua, seperti anyaman tas dan noken, ukiran, lukisan kulit kayu, gerabah dan kuliner lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism. “Selain itu, kehadiran Gerai Honai Papua ditujukan untu penjualan langsung kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON XX di bulan Oktober mendatang,” jelasnya.

Menurut Enrico, melalui aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua diharapkan semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4 zona ekologi di Papua, dapat memanfaatkannya untuk menjual hasil karya mereka. “Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan pereknomian masyarakat Papua selama pelaksanaan PON XX,” tandas Erico. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Sambut PON XX, Pemprov Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism. Please share...!

Back To Top