Sandiaga Dukung Platform Goorita Bawa Produk Lokal dan UMKM Mendunia

(Ki-Ka) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, dan Chief Executive Officer Goorita Yuwono Wicaksono dalam webinar Gercepin Yuk! (Gerakan Cinta Ekspor Produk Indonesia)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 64 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Angka yang cukup besar tersebut, harus dibarengi dengan kualitas produk yang baik, sehingga menjadi landasan untuk bersaing di pasar global, melalui pemanfaatan platform teknologi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut positif kehadiran platform Goorita yang membantu produk lokal termasuk UMKM agar mampu bersaing secara global. "Saya melihat program bangga buatan Indonesia harus jadi program beli kreatif lokal dan juga dorong produk ekspor. Sehingga apa yang dilakukan Goorita luar biasa menurut saya,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (18/8/2021).

Sandiaga mengatakan, sejalan dengan capaian tersebut, produk-produk dalam negeri hasil karya UMKM diharapkan bisa bersaing di pasar global dengan memanfaatkan berbagai platform. "Salah satunya melalui global marketplace, pemasaran produk lewat komunitas diaspora di berbagai negara, hingga memanfaatkan offline store. Hal tersebut, memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya ke pasar luar negeri dengan semakin efektif dan efisien,” tandasnya.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menambahkan, pada Juni 2021, neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan surplus dengan nilai US$ 1,32 miliar. "Hal yang membanggakan kita semua, dari sisi ekspor, nilai total ekspor Indonesia mencapai US$ 18,55 miliar dan menjadi yang tertinggi sejak Agustus 2011,” ujar Jerry.

Sementara, Chief Executive Officer (CEO) Goorita Yuwono Wicaksono menyebutkan, bekerja sama dan terintegrasi dengan marketplace terkenal di dunia serta kurir logistik internasional, Goorita menyediakan layanan pengiriman internasional termurah dan tercepat. "Platform kami hadir untuk mendukung bisnis lokal Indonesia agar dapat bersaing secara global dengan solusi termudah dalam memasarkan dan mengirimkan produk lokal Indonesia ke seluruh dunia,” kata Yuwono.

Yuwono menjelaskan, Goorita menghadirkan tiga layanan utama yakni marketplace, fulfillment dan logistik. Melalui ketiga layanan tersebut, Goorita siap membantu pelaku usaha di dalam negeri dalam mengembangkan usaha. "Jadi buat teman-teman diaspora yang tengah membutuhkan produk dalam negeri, atau misalnya ingin makanan khas daerah di Indonesia mulai dari kudapan sampai masakan kini cara pesannya semakin praktis,” katanya.

Yuwono mengatakan, pelaku UMKM yang ingin melakukan ekspansi bisnis ke ranah global tak perlu khawatir akan persoalan izin ekspor. Pasalnya aspek perizinan akan dibantu langsung oleh Goorita yakni dengan penyediaan ET-K resmi. Selain itu, Goorita juga menjamin harga ekspedisi yang jauh lebih murah sehingga terjangkau bagi konsumen di seluruh dunia khususnya WNI yang tinggal di luar negeri. "Kalau ada yg bilang kirim produk ke luar negeri mahal, pasti belum tahu Goorita. Tarif kami sudah disesuaikan agar produk lokal yang dikirim ke luar negeri harganya masih kompetitif. Goorita juga sangat solutif dalam menekan ongkir alias ongkos kirim, dengan adanya metode community buying,” imbuhnya.

Menurut Yuwono, metode community buying sudah sangat populer di Tiongkok. "Jadi, semisal ada teman-teman diaspora dalam satu komunitas yang ingin beli barang dari Indonesia, itu bisa dijadikan 1 boks sehingga sudah tentu ongkos kirimnya lebih murah,” paparnya.

Yuwono menambahkan, Goorita juga turut mengakomodir masyarakat diaspora di berbagai negara yang ingin menjadi reseller produk UMKM. "Menjadi agen itu peluang yang potensial, karena selain dapat untung juga berjasa besar dalam mempromosikan produk Indonesia ke pasar global. Ibaratnya sama dengan mengibarkan bendera merah putih di negeri orang,” pungkasnya. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Sandiaga Dukung Platform Goorita Bawa Produk Lokal dan UMKM Mendunia. Please share...!

Back To Top