XL Axiata Gandeng 2 Perguruan Tinggi Kembangkan IoT di Jaringan 5G

Wakil Rektor Kerjasama and Sistem Informasi IPB Dodik Ridho Nurrochmat, Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi, Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam acara penandatanganan perjanjian  kerja sama pengemembangan IoT di jaringan 5G, Rabu, 25 Agustus 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam mengembangkan ekosistem 5G di Indonesia, PT XL Axiata Tbk menjalin kemitraan dengan Institut Pertanian Bogor (IPB University) dan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) untuk bersama-sama mengembangkan solusi digital dengan platform internet of things (IoT) untuk memenuhi kebutuhan industri. Kolaborasi ini merupakan langkah lanjutan XL Axiata setelah pekan lalu lolos uji laik operasi untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menyampaikan, keberadaan jaringan 5G diharapkan dapat membuka jalan bagi para pelaku industri untuk melakukan banyak efisiensi proses melalui transformasi digital dengan memanfaatkan infrastruktur cerdas IoT. Dengan kemampuan akses internet yang lebih cepat dan stabil, tersedianya jaringan 5G diperkirakan akan menjadi penggerak utama industri berbasis internet. "Setiap pelaku industri memiliki kekhasannya masing-masing, maka solusi yang diberikan harus benar-benar menjawab kebutuhan yang terkadang sangat spesifik. Untuk itu kami merasa perlu untuk menggandeng lembaga riset seperti kampus dalam rangka bersama-sama mengeksplorasi problem dan solusi yang tepat guna,” kata Gede dalam konferensi pers secara daring, Rabu (25/8/2021).

Gede menyampaikan, kerja sama XL Axiata dengan kedua kampus tersebut akan berlangsung selama dua tahun ke depan. XL Axiata melalui laboratorium pengembangan IoT X-Camp bersama kedua perguruan tinggi tersebut akan bersama-sama berbagi pengetahuan dan keahlian guna meningkatkan kompetensi agar mampu menyediakan platform berbasis IoT di jaringan 5G untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, khususnya sektor pertanian dan manufaktur. Sementara itu terkait jaringan 5G dari XL Axiata, setelah berhasil menggelar jaringan tersebut di lima kota yakni Depok, Jakarta Selatan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, XL Axiata secara bertahap terus memperluas jaringan 5G ke kota-kota lainnya. Medan, Banjarmasin, dan Makassar akan menjadi kota 5G XL Axiata berikutnya yang ditargetkan akan siap pada pertengahan September 2021. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading XL Axiata Gandeng 2 Perguruan Tinggi Kembangkan IoT di Jaringan 5G. Please share...!

Back To Top