2023, Pabrik FrieelandCampina di Cikarang Siap Beroperasi

FrieslandCampina merayakan HUT ke-150 dengan tema "From Grass to Glass" dengan webinar bersama Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro, Plant Manager PT Frisian Flag Indonesia Aryono Bambang Ardhyo, dan Mom Influencer Nucha Bachri pada Senin 13 September 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- FrieslandCampina melalui afiliasinya PT Frisian Flag Indonesia (FFI) akan membuka pabrik baru di Cikarang, Bekasi dan siap beroperasi pada 2023. Pembangunan pabrik di Cikarang diharapkan akan menambah kapasitas perusahaan menyerap susu segar dari peternakan sapi perah di Indonesia.

“Jika tidak ada aral melintang, kami sudah bisa beroperasi di pertengahan 2023. Targetnya itu di pertengahan atau mungkin akhir dari tahun 2023. Sejauh ini sudah pasti progresnya makin baik,” ujar Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro saat webinar perayaan HUT ke-150 FrieslandCampina pada Senin (13/9/2021).

Menurut Andrew, pabrik di Cikarang akan menambah kapasitas kemampuan Frisian Flag Indonesia untuk menyerap susu segar dari peternakan di Indonesia. Kapasitas penyerapan susu segar bertambah tiga kali lipat dan perusahaan harus meningkatkan kemitraan lagi dengan para peternak.

Andrew mengatakan sejarah FrieslandCampina menunjukkan bahwa cikal bakal perusahaan dimulai dari keinginan peternak yang ingin meningkatkan perannya untuk memperkuat posisi pasar dan memastikan penjualan susu ternaknya. “150 tahun juga untuk merayakan kerja sama yang baik antara peternak, koperasi, perusahaan, distributor, dan konsumen. Sebuah kemitraan yang sesungguhnya, yang mencerminkan collective progress bahwa kesuksesan adalah hasil kerja bersama, bukan perorangan. Bersama mitra, kami akan melanjutkan komitmen memberikan nutrisi terbaik dari produk susu kepada konsumen, dan merawat ternak serta alam yang telah menyediakan begitu banyak kebaikan bagi umat manusia,” tutup Andrew.

Kisah FrieslandCampina dimulai pada tahun 1871. Saat itu, para peternak di Belanda memutuskan untuk bergabung dalam koperasi peternak sapi perah lokal yang selanjutnya menjadi pemilik perusahaan produk berbasis susu terbesar dunia, FrieslandCampina. Anggota koperasi bekerja sama dengan perusahaan untuk menghadirkan produk-produk yang menghadirkan kebaikan susu bagi jutaan konsumen di seluruh dunia. Kini FrieslandCampina telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari seratus negara dan untuk produk-produk tertentu diproduksi oleh perwakilan atau afiliasi perusahaan yang tersebar di 38 negara.

Produk yang dihasilkan tidak hanya produk susu jadi, tetapi juga beragam produk lainnya yang berbahan dasar susu seperti susu segar, susu bubuk, susu kental, yoghurt, keju, mentega, minuman berbasis susu krim dan ingredients (konsentrat susu), disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau mitra bisnis yang tersebar di 100 negara. FrieslandCampina juga memegang kendali penuh seluruh rantai produksinya yang diterapkan dalam langkah strategis "from grass to glass". Perusahaan mengelola langsung dan mengontrol kualitas setiap tahap produksi sejak ternak diperah dan menghasilkan susu segar, pemrosesan di pabrik, pengiriman dan pendistribusian, hingga produk dinikmati oleh konsumen.

“Perjalanan FrieslandCampina 150 tahun membawa warisan bagi peternak dan koperasi susu perah Indonesia. Salah satunya adalah program pemberdayaan peternak Indonesia melalui Dairy Development Program (DDP) yang dilaksanakan oleh FFI. Di Indonesia, kami juga menerapkan standar kualitas dengan menerapkan standarisasi kualitas pada proses produksi, kemasan, dan distribusi, berdasarkan sistem Focus Food Safety & Quality,” tambah Plant Manager PT Frisian Flag Indonesia Aryono Bambang Ardhyo.

Aryono menambahkan keberlanjutan juga menjadi fokus utama dalam menerapkan program-program keberlanjutan termasuk juga di dua fasilitas produksi FrieslandCampina di Indonesia untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi manusia, peternak, dan bumi. “Adapun inovasi menjadi dasar dari strategi, tujuan, dan rencana, yang dibangun FFI untuk terus meningkatkan pengetahuan dan menguak berbagai kebaikan dan manfaat nutrisi dalam susu. Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan cara pengolahan makanan yang aman dan mendukung pemenuhan kebutuhan pangan dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Founder Parentalk.id Nucha Bachri juga mengutamakan produk-produk susu berkualitas bagi putra dan putrinya. Dia menghargai langkah FrieslandCampina yang memfokuskan pada keseimbangan alam melalui program Nourishing a Better Planet karena ingin anak-anak punya kesempatan hidup di lingkungan yang sehat dan baik di masa depan. “Sebagai ibu dari 2 orang anak tengah tumbuh dan berkembang, saya terbilang pemilih saat menentukan produk susu apa yang boleh dikonsumsi anak-anak. Pengalaman satu setengah abad FrieslandCampina dan komitmennya dalam mengelola seluruh rantai produksi menjadi jaminan kualitas setiap produknya,” paparnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading 2023, Pabrik FrieelandCampina di Cikarang Siap Beroperasi. Please share...!

Back To Top