Ideathon Hasilkan Inovasi Pengembangan Wisata Labuan Bajo

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggelar Ideathon #RinduLabuanBajo 2021 untuk meningkatkan kemampuan soft skill sumber daya manusia di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menggelar Ideathon #RinduLabuanBajo 2021 yang bertujuan mempercepat pembangunan pariwisata Labuan Bajo Flores, sekaligus meningkatkan soft skill sumber daya manusia (SDM) di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Penyelenggaraan Ideathon #RinduLabuanBajo 2021 memiliki visi menyaring ide-ide inovasi untuk aktivitas pariwisata sehingga dapat memajukan beragam potensi lokal seperti di bidang pariwisata, kriya, kuliner dan fashion, disambut antusias insan kreatif di Nusa Tenggara Timur," kata Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, Rabu (1/9/2021).

Shana Fatina menjelaskan, tercatat setidaknya 477 peserta webinar dan 192 tim terdaftar yang ikut serta berpartisipasi gelaran ini. Mereka tidak hanya datang dari 11 Kabupaten di Pulau Flores, namun juga seluruh daerah di Indonesia. Ideathon #RinduLabuanBajo 2021 bertujuan untuk menggali inovasi dan kreativitas dari akar rumput untuk memacu perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo Flores. "Saya bangga menyampaikan, tujuan tersebut telah terwujud. Kualitas dan keunikan dari ide-ide yang terkumpul merupakan cerminan dari kecerdasan serta impuls kreatif para pemuda pemudi Indonesia," imbuhnya.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, ditetapkan top 3 best idea untuk Ideathon 2021 #RinduLabuanBajo. Mereka adalah Floratama Camp, Kertabumi Recyclying Center, dan Srikandi. Ketiga pemenang yang terpilih, dinilai memiliki empat faktor yang menjadi poin utama penjurian.

"Saat menentukan pemenang, kami fokus kepada kriteria penilaian dengan empat poin utama seperti problem solution, idea attractiveness, social impact, hingga business model. Saya tidak sabar melihat ide teman-teman semua diimplementasikan, terutama untuk kemajuan di wilayah Flores, Lembata, Alor, dan Bima," tandas Shana Fatina. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Ideathon Hasilkan Inovasi Pengembangan Wisata Labuan Bajo. Please share...!

Back To Top