PermataBank API Banking Mendigitalisasi dan Mempermudah Perbankan BPR

PermataBank resmi berkolaborasi dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DKI Jaya dan Sekitarnya. Dalam kerja sama ini, PermataBank menghadirkan teknologi Application Programming Interface (API) untuk melayani nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) secara online untuk keperluan aktivitas perbankan seperti transfer dana, bill-payment dan top-up, inquiryreconciliation, dan lainnya. Layanan Permata API Banking ini memberikan kemudahan bagi BPR dalam melayani aktivitas perbankan bagi nasabahnya



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sebagai bank terdepan dalam teknologi perbankan digital di Indonesia, PermataBank resmi berkolaborasi dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DKI Jaya dan Sekitarnya. Dalam kerja sama ini, PermataBank menghadirkan teknologi Application Programming Interface (API) untuk melayani nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) secara online untuk keperluan aktivitas perbankan seperti transfer dana, bill-payment dan top-up, inquiry, reconciliation, dan lainnya. Layanan Permata API Banking ini memberikan kemudahan bagi BPR dalam melayani aktivitas perbankan bagi nasabahnya. Kerja sama ini menghadirkan solusi digital perbankan kepada BPR sehingga mereka dapat meningkatan kualitas pelayanan bagi nasabah, mempermudah dan mempercepat transaksi perbankan antar BPR dengan perbankan industri secara menyeluruh. Kerja sama ini juga menandai komitmen PermataBank sebagai bank pionir yang memberikan dukungan pada BPR untuk berinovasi dan memberikan solusi keuangan digital bagi nasabah.

Darwin Wibowo, Direktur Wholesale Banking PermataBank menyatakan, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PermataBank terus berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pengembangan industri perbankan. "Melalui kemitraan strategis bersama Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya ini, kami menyediakan teknologi terdepan dari PermataBank untuk mempermudah aktivitas perbankan Bank Perkreditan Rakyat, yang kami awali di wilayah DKI Jakarta Raya dan sekitarnya. Kami optimis kerja sama strategis ini dapat membantu peningkatan sektor riil di Indonesia dan memberikan kemudahan bagi BPR melalui skema perbankan terintegrasi dengan solusi transaksi yang lengkap dan menyeluruh, terutama agar kembali pulih di masa pandemi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/9/2021).

Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengungkapkan, layanan API Banking mengintegrasi layanan antara bank dan mempermudah transaksi perbankan bagi BPR dengan nasabah dan mitra kerjanya dalam hal transfer dana, bill-payment, top-up yang dapat diselesaikan secara online/real-time sehingga memberikan pengalaman perbankan yang simple, fast dan reliable. Telah menjadi komitmen PermataBank sebagai bank dengan kapasitas digital terdepan untuk menghadirkan layanan teknologi digitalisasi bermakna bagi seluruh komunitas perbankan. Kerja sama ini merupakan milestone digital partnership bagi PermataBank dengan BPR. "Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan semangat baru dalam dunia perbankan Indonesia, khususnya untuk mendukung pengembangan BPR yang tersebar di seluruh negeri ini," lanjutnya.

Kerja sama kedua pihak diresmikan melalui acara virtual oleh Joko Suyanto, Ketua Umum DPP Perbarindo, Ricardo Simatupang, Ketua DPD Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya, Darwin Wibowo, Direktur Wholesale Banking PermataBank, dan Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank. Sementara Nota Kesepahaman Kerja Sama telah ditandatangani oleh perwakilan PermataBank, yakni Rina Diana, Division Head Financial Institutions PermataBank dan Richard Budiono, Division Head Transaction Banking PermataBank, sementara pihak Perbarindo yang diwakilkan oleh Ricardo Simatupang dan Antonius Teddy, Sekjen DPD Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya, dan juga dihadiri oleh Ade Iwan Darmawan, Head Banks Financial Institutions 2 PermataBank sebagai project leader.

Joko Suyanto, Ketua Umum DPP Perbarindo mengatakan, kami mengapresiasi inisiasi yang dihadirkan PermataBank dan Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya dalam kerja sama ini.  Kemitraan strategis ini sejalan dengan program prioritas Perbarindo Indonesia secara keseluruhan, yakni bagaimana BPR bisa bertransformasi secara digital dalam memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan, serta dengan akuntabilitas yang tetap terjaga kepada masyarakat. "Perbarindo juga senantiasa menjadi fasilitator bagi BPR dalam menjalin kerja sama, termasuk dengan PermataBank sebagai bank terkemuka di Indonesia," ungkapnya.

Turut menyambut baik kerja sama dengan PermataBank, Ricardo Simatupang, Ketua DPD Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya mengungkapkan, kerja sama dengan PermataBank yang melingkupi implementasi API, layanan pembiayaan, dan digitalisasi layanan ini akan mendukung kinerja BPR terhadap nasabah. "Kami berharap kesepakatan yang dibangun ini terus berlanjut oleh masing-masing BPR untuk mengoptimalkan layanan pada nasabah, serta berharap PermataBank dapat menjadi apex bank untuk BPR, terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya," lanjutnya.

Dalam tahap awal, implementasi kerja sama PermataBank dengan Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya diawali dengan pilot project dengan komunitas BPR di area Jakarta dan sekitarnya, dan PermataBank akan terus mendukung BPR untuk memberikan pelayanan yang optimal. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PermataBank API Banking Mendigitalisasi dan Mempermudah Perbankan BPR. Please share...!

Back To Top