Data Center H2 Siap Beroperasi Dukung Akselerasi Transformasi Digital

Project kerja sama strategis pertama antara Anthoni Salim dan PT DCI Indonesia, Tbk (DCI) dalam membangun kompleks hyperscale data center park bernama H2 sudah rampung dan siap memenuhi kebutuhan pasar



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Proyek kerja sama strategis pertama bos Indofood Anthoni Salim dan PT DCI Indonesia Tbk (DCI) dalam membangun kompleks hyperscale data center park bernama H2 sudah rampung dan siap memenuhi kebutuhan pasar. Gedung H2-01 yang dibangun sejak kuartal IV 2020 ini telah berstatus siap beroperasi dan menjadi bagian fasilitas data center hyperscale terbesar di Indonesia. Acara soft opening dihadiri Executive Director Salim Group Axton Salim, President Director PT DCI Indonesia Toto Sugiri, dan Director PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur (DISM) Ricky Garyati pada Kamis (21/10/2021).

“Tingkat kebutuhan data center di Indonesia meningkat drastis dalam 2 tahun terakhir. Digitalisasi terus berkembang pesat dengan adaptasi komputasi awan yang terus meningkat, disertai aktivitas sekolah dan kerja dari rumah selama pandemi. Kompleks hyperscale data center H2 dibangun dengan latar belakang tersebut dengan prinsip eco-sustainable, dimana kami akan memasang solar panel power sebagai salah satu sumber listrik di kawasan data center,” jelas Executive Director Salim Group, Axton Salim.

Sebagai salah satu kompleks data center terbesar di Asia Tenggara, H2 didesain dengan standar internasional. Tidak hanya akan menjadi salah satu pemain global, data center ini dioperasikan menggunakan energi terbarukan dari solar panel farm di area yang sama sehingga lebih ramah lingkungan. “Gedung H2-01 merupakan tahap awal dari kawasan hyperscale H2. Area kompleks ini bisa dibangun hingga kapasitas 600 megawatt (MW),” tambah Axton.

Saat ini H2 telah mengandeng tiga provider jaringan yaitu Indonet, Matrix NAP Info, dan TransIndonesia Network. H2 Data Center (PT Datacenter Indonesia Sukses Makmur) didirikan pada tahun 2020 dan berkantor pusat di Jakarta. Sementara itu, pembangunan gedung data center berada di kawasan Pertiwi Lestari Industrial Estate, Karawang dengan total luas area 86 hektare. Gedung data center yang dinamai H2-01 didirikan setinggi 10 lantai, enam lantai di antaranya merupakan data hall dengan total kapasitas 3.000 rack dan total daya listrik sebesar 15 MW.

Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara dengan total populasi sebesar 256 juta, namun hingga saat ini kapasitas data center per kapitanya salah satu yang terendah dibandingkan negara lain di dunia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Data Center H2 Siap Beroperasi Dukung Akselerasi Transformasi Digital. Please share...!

Back To Top