Dorong UMKM Berorientasi Ekspor, LPEI Bangun National Export Dashboard

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Lembaga National Single Window (LNSW) membangun portal dashboard data terintegrasi yang disebut National Export Dashboard (NED)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Lembaga National Single Window (LNSW) membangun portal dashboard data terintegrasi yang disebut National Export Dashboard (NED). Tujuannya memberi kemudahan pelaku usaha, termasuk UMKM melakukan ekspor.

"Saat ini NED baru bisa diakses di kantor LPEI Jakarta dan Surakarta, tetapi ke depannya kami akan terus melakukan improvement dari sisi substansi maupun infrastruktur agar lebih mudah diakses, tampilannya semakin user friendly," kata Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto yang membidangi IEB Institute dan Communication and Stakeholder Engagement dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

NED nantinya dapat diakses oleh pelaku usaha maupun seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem ekspor untuk mengetahui data maupun informasi suatu produk berdasarkan kode harmonized system (HS Code), tingkat risiko kawasan dan negara tujuan ekspor. Selain itu, negara asal impor untuk suatu produk baik secara nilai maupun volumenya, pelaku usaha, dan perijinan.

Agus menjelaskan, pelaku usaha dapat memanfaatkan NED untuk mencari peluang pasar baru dalam rangka ekspansi usaha. Selain pelaku usaha, diharapkan mahasiswa dan akademisi juga bisa memanfaatkan data ini untuk mendukung penulisan kajian maupun riset mengenai ekspor yang dapat mendukung peningkatan daya saing Indonesia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dorong UMKM Berorientasi Ekspor, LPEI Bangun National Export Dashboard. Please share...!

Back To Top