Malaysia Bidik Pasar E-commerce di Indonesia

Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi terus bertumbuh hingga 2025. Hal inilah yang membuat sejumlah perusahaan dari berbagai negara tergiur pasar di Indonesia. Salah satuya seperti yang dilakukan Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade). Agensi promosi perdagangan yang berperan memfasilitasi perusahaan di Malaysia dalam mengakses pasar global itu menggelar misi promosi perdagangan di Jakarta.

Trade Commissioner Matrade Jakarta, Har Man Ahmad mengatakan, Indonesia memiliki pasar e-commerce yang sangat besar. Pihaknya pun siap meraimaikan pasar dengan produk dari beberapa perusahaan Malaysia. Perusahaan Malaysia yang berpartisipasi dalam program ini antara lain produsen makanan ringan, produk berbahan dasar kelapa, minuman dan kudapan seperti produk bayi. "Kami ada lima perusahaan yang menurut saya sederhana dengan kapasitas pengeluaran yang lebih besar. Sebagian perusahaan sudah ada distributor di Indonesia, tetapi hari ini lebih terarah kepada e-commerce, karena Indonesia itu pasarya sangat besar," kata Har Man dalam keterangannya Jumat (22/10/2021).

Har Man juga menilai dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun ke depan, Indonesia akan menjadi negara keempat atau kelima terbesar di dunia. Hal inilah yang membuat negara-negara lainnya termasuk Malaysia tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. "Pandemi juga sudah berkurang jadi bisnis sudah kembali normal, konsumen juga sudah semakin kencang jadi kami melihat potensi di Indonesia itu sangat baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kedutaan Besar Malaysia, Adlan Mohammad Shaffieq juga menyadari perkembangan e-commerce di Indonesia sangat tinggi. Hal inilah yang menarik minat perusahaan di Malaysia untuk datang ke Indonesia. "Dalam pertemuan ini kita melihat perkembangan e-commerce itu sangat luas, terutama di Indonesia. Untuk itu kita dari Pemerintah Malaysia membantu untuk menggiatkan lagi e-commerce antar kedua negara." ungkap Adlan.

"Dua hari lalu Menteri Luar Negeri Malaysia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Dalam pertemuan itu membahas mengenai digital ekonomi yang dalam pembahasannya mengenai e-commerce untuk meningkatkan lagi kerja sama dua negara," jelasnya.

Business Development Director Panenmaya Academy, Abdi R Sastrawinata mengatakan, Indonesia memiliki pasar yang seksi dalam dunia ekonomi digital. Kerja sama ini pun berpeluang mendorong UMKM di Tanah Air masuk ke Malaysia. "Dengan adanya mitra perdagangan antara Malaysia dengan Indonesia, kita juga ingin mengangkat UMKM kita masuk ke negara tetangga, dengan adanya kerjasama ini saya harap bisa UMKM kita bisa go-international," kata Abdi. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Malaysia Bidik Pasar E-commerce di Indonesia. Please share...!

Back To Top