Piala Presiden Esports 2021 Bangkitkan Sport Tourism Indonesia

Kick off Piala Presiden Esport (PPE) 2021, Sabtu 9 Oktober 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan Piala Presiden Esport (PPE) 2021 menjadi momentum untuk membuka pintu pariwisata Indonesia, terutama sport tourism. Hal tersebut dikatakan Moeldoko saat peresmian kick off PPE 2021 di Jakarta, Sabtu (9/10/2021). Kompetisi gim online itu diyakini berdampak positif terhadap pariwisata Indonesia. “Ini potensi yang luar biasa karena esports bisa mendatangkan sport tourism dan ini bagus untuk pariwisata Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara kick off PPE 2021 secara virtual.

Moeldoko mengatakan pengembangan pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism menjadi perhatian khusus pemerintah. Salah satu caranya menggarap berbagai kompetisi olahraga. “Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembalikan geliat pariwisata Tanah Air yang terdampak pandemi,” ujar dia.

Moeldoko mengajak berbagai lapisan masyarakat mewujudkan iklim yang baik bagi sport tourism. Sehingga semakin banyak orang tertarik dan mendukung berkembangnya industri esport. Pertandingan kualifikasi Piala Presiden Esports 2021 dimulai pada 9 Oktober 2021 pukul 15.00 WIB. Grand final Piala Presiden Esports 2021 diselenggarakan pada 19 Desember 2021.

Upacara pembukaan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan, Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tursandi Alwi, Wakil Ketua PB Esports Indonesia (PBESI) Irjen (Pol) Andean Bonar Sitinjak, Direktur BCA Santoso, dan lain-lain. Seperti diketahui Piala Presiden Esports 2021 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, KONI, dan PBESI.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali," ungkap Sandiaga dalam sambutannya.

Piala Presiden Esports 2021 diikuti 61.784 atlet esports dari berbagai penjuru Tanah Air. Babak kualifikasi bakal berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang. Babak kualifikasi ini akan terbagi dalam enam regional wilayah yakni; Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua. Di Piala Presiden Esports 2021, ada enam cabang game yang dipertandingan yakni eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

“Dengan enam game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” tutur Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo.

Piala Presiden Esports edisi ketiga ini menyediakan hadiah total Rp 2 miliar. Selain itu ada kesempatan untuk menapaki karier yang lebih besar lagi di industri esports. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Piala Presiden Esports 2021 Bangkitkan Sport Tourism Indonesia. Please share...!

Back To Top