PLN Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik World Superbike 2021

PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menuntaskan seluruh persiapan pada sisi kelistrikan yang akan menyuplai jalan kawasan khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC)



LOMBOK (IndonesiaTerkini.com)- PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menuntaskan rangkaian commissioning test, sebagai bagian persiapan sisi kelistrikan yang akan menyuplai jalan kawasan khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, menjelaskan commissioning test merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian persiapan pasokan listrik MISC. Commissioning test dilakukan untuk menguji seluruh aspek dari komponen atau peralatan yang terbangun, yakni ketahanan, fungsi peralatan, dan lain-lain. "Berdasarkan hasil pengujian, peralatan PLN yang telah terpasang layak untuk dioperasikan. Artinya, PLN sudah 100% siap memasok listrik untuk ajang World Superbike (WSBK) yang rencananya akan berlngsung di bulan November mendatang," ujar Lasiran, di Lombok Tengah, Sabtu (2/10/2021).

Lasiran menjelaskan, dari sisi kecukupan daya, saat ini sistem kelistrikan Lombok, yakni sistem yang akan menyuplai MISC dalam kondisi aman. Rata rata beban yang paling tinggi adalah 270 MW dan daya mampu yang tersedia adalah 376,8 MW. "Masih ada cadangan daya 106 MW. Sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB. Tidak hanya untuk WSBK, namun kami juga siap untuk seluruh infrastruktur pendukungnya," jelasnya.

Khusus untuk WSBK 2021 dan MotoGP yang akan dihelat tahun 2022, PLN NTB sendiri telah mempersiapkan skenario Zero Down Time, yakni sistem suplai listrik berlapis, sehingga listrik di kawasan Mandlika andal dan berkualitas dan tidak mengalami gangguan. MISC sendiri merupakan pelanggan PLN yang dilayani dengan daya 5.19 MVA dan akan disuplai dari 3 jalur utama listrik, yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol. Dua jalur Saluran Kabel Tegangan Menengah sepanjang 1.485 kms dari GI Kuta dan satu jalur sepanjang 13.8 kms dari GI Sengkol telah selesai terbangun.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, terutama ITDC yang merupakan pelanggan kami. Tentunya seluruh upaya ini tidak akan terwujud tanpa sinergi yang baik dari seluruh pihak," tandasnya.

Selain tiga jalur kelistrikan yang saat ini sudah siap beroperasi, PLN juga telah menyiapkan perangkat berupa Uninterruptible Power Supply (UPS) yang saat ini masih dalam proses untuk mewujudkan Zero Down Time. "Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Tentunya supaya gelaran WSBK dapat berjalan aman dan lancar untuk Mandalika mendunia," tutup Lasiran. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PLN Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik World Superbike 2021. Please share...!

Back To Top