Produk Perawatan Kendaraan Multiguna Ini Justru Bidik Penjualan di SPBU

Autodazzling, produk perawatan kendaraan multiguna yang mampu menjual ratusan unit per harinya



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Tingginya intensitas masyarakat berbelanja online, khususnya melalui e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Shopee telah membuka jalan bagi banyak produk lokal atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjangkau pasar lebih luas. Bahkan sebuah merek mampu mencatatkan penjualan ratusan produk per hari dengan memanfaatkan e-commerce. Salah satunya seperti Autodazzling, produk perawatan kendaraan multiguna yang mampu menjual ratusan unit per harinya.

Pendiri and  CEO Autodazzling, Rian Joharianto mengatakan, Autodazzling  merupakan produk lokal, produk UMKM. Sejak tahun  2019 sampai dengan Juli  2021 hanya mengandalkan e-commerce untuk penjualannya. Dan ternyata respons konsumen sangat bagus sehingga bisa mencatatkan penjualan 300 sampai 500 pesanan per hari. Bahkan penjualan sudah menembus luar negeri. “Ini bisa menjadi bukti bahwa Autodazzling memang memiliki kualitas yang baik. Karena kalau kualitasnya tidak baik, tentu pembeli akan mudah meninggalkan kami dan beralih ke merek lain,” dia menegaskan.

Autodazzling merupakan produk perawatan kendaraan yang dapat digunakan untuk membersihkan dan merawat seluruh bagian kendaraan, mulai dari interior, eksterior, hingga ruang mesin. Bukan hanya mobil, Autodazzling juga memiliki produk perawatan khusus untuk sepeda motor, helm, dan sepeda. Rian memastikan seluruh produk Autodazzling berbahan dasar air, bukan cairan kimia yang dapat merusak sehingga aman digunakan untuk menjaga kualitas dalam jangka panjang. Memasuki semester dua tahun ini, Autodazzling berusaha melebarkan sayapnya dengan mencoba teknik pemasaran yang berbeda. Bahkan bisa dibilang abnormal karena setelah sukses menjamah pasar online, Autodazzling justru melakukan strategi direct selling dengan berjualan secara offline. Adapun lokasi yang dipilih yaitu SPBU.

Rian menyebut, salah satu pertimbangan yang membuat pihaknya memilih SPBU sebagai lokasi untuk menjangkau konsumen secara langsung karena SPBU sangat kecil kemungkinannya terdampak oleh pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selain itu, SPBU memiliki traffic yang menjanjikan dengan target konsumen yang jelas, yakni mereka yang memiliki kendaraan. Autodazzling sudah mulai membuka titik penjualan di SPBU pada bulan Agustus, di mana kami telah berada pada tujuh lokasi, yaitu di wilayah Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Total Autodazzling menargetkan dapat berada di 50 SPBU yang tersebar di Jawa dan Bali pada tahun 2021 ini.

Membuka penjualan di SPBU merupakan salah satu strategi Autodazzling juga untuk membantu menggerakkan roda perekonomian daerah. “Karena kami akan butuh sales setidaknya 4 orang di setiap titik SPBU sehingga hal itu bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan di masa sulit ini. Kami juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berbisnis tanpa syarat dan modal dengan menjadi reseller and dropshipper Autodazzling. Produk kami bukan produk yang hanya tren, tapi mempunyai segmen yang luas karena bukan hanya menjual perawatan mobil, tapi juga perawatan dan pembersih motor, sepeda, dan sepatu,” ucap Rian mengklaim.

Autodazzling didirikan oleh Rian Joharianto pada 2019.  Berawal dari 7 tahun bekerja di perusahaan JNE dan beberapa perusahaan kurir lain di mana banyak bertemu para online seller dan pehobi  dunia otomotif membuatnya terinspirasi membangun bisnis online produk perawatan kendaraan. Seluruh produk Autodazzling dibuat dengan formulasi keamanan untuk seluruh jenis kendaraan yang kita sudah bekerja sama dengan partner produsen perawatan kendaraan dan salon mobil skala besar. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Produk Perawatan Kendaraan Multiguna Ini Justru Bidik Penjualan di SPBU. Please share...!

Back To Top