YKPI Gelar Temu Penyintas Kanker Payudara se-Indonesia

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka bulan peduli kanker payudara internasional, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) tahun ini kembali menyelenggarakan Temu Penyintas Kanker Payudara se-Indonesia yang ke-V secara virtual.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar yang juga survivor kanker payudara mengatakan, selama 2 tahun berturut-turut YKPI melakukan kegiatan temu penyintas kanker payudara se-Indonesia secara virtual karena kondisi pandemi.

Menurutnya, pertemuan ini wadah berdialog dan edukasi untuk para penyintas kanker payudara dalam mengelola asupan gizi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. “Semua hal ini patut kita syukuri seberapapun nikmat hidup yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada diri kita. Bentuk rasa syukur tersebut perlu kita imbangi dengan mengelola asupan gizi yang baik untuk kehidupan sehari-hari dalam diri kita apalagi untuk para penyintas kanker payudara,” kata Linda, Senin (11/10/2021).

Linda mengingatkan kepada para penyintas kanker payudara untuk jangan menunda tahapan pengobatan sesuai anjuran dokter. Menurutnya, walau saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, protokol kesehatan (prokes) di rumah sakit sudah menyesuaikan dengan aturan yang berlaku. “Jadi jangan ragu untuk berobat ke rumah sakit. Juga jangan lupa untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dengan terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter yang menangani,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Globocan 2020, kanker payudara di Indonesia merupakan kanker paling banyak pada perempuan dengan proporsi 16,6% dari total kasus kanker, terdapat 65.858 kasus baru dan 22.430 kematian pada tahun 2020.

Linda menyebutkan, acara temu penyintas kanker payudara se-Indonesia yang ke V bertemakan “Gizi Optimal dan Gaya Hidup Sehat Bagi Penyintas Kanker Payudara”. Selain memperingati bulan peduli kanker payudara internasional juga untuk memperingati dua tahun dibentuknya Survivor Kanker Payudara (SKP) Kartika yaitu para penyintas kanker payudara dari istri anggota TNI-AD yang dipercayakan pendampinganya kepada YKPI.

Spesialis Gizi dari RSPAD Gatot Soebroto, Ety Mariatul Qiptiah mengatakan, tujuan dan terapi nutrisi pada pasien kanker untuk mempertahankan status nutrisi untuk menekan resiko timbulnya komorbid.

Menurut Ety, perlu meningkatkan asupan nutrisi padat kalori, modifikasi makanan enteral standar dan modifikasi dengan nutrisi spesifik yaitu omega 3 dan asam amino spesifik. “Selain itu perlu diingat gizi seimbang yaitu makanlah aneka ragam makanan, makanlah makanan untuk memenuhi kehidupan energi, makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi, batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi, gunakan garam beryodium, makanlah makanan sumber zat besi, berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan, biasakan makan sarapan pagi, minumlah air bersih yang cukup jumlahnya, lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur, hindari minum minuman yang beralkohol, makanlah makanan yang aman bagi kesehatan dan bacalah label pada makanan yang dikemas,” paparnya.

Menurutnya, sebagian besar faktor penyebab kanker payudara dapat dihindari walaupun ada penyebab yang tidak dapat dihindari. Dalam hal ini, hindari faktor resiko untuk mencegah kanker, status nutrisi dan pola makan berperan penting, edukasi yang tepat sejak terdiagnosis kanker termasuk dalam hal nutrisi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. “Makanlah berbagai variasi makanan dari setiap sumber makanan, selalu menjalani gaya hidup sehat, penyintas kanker sebaiknya memiliki berat badan ideal dan menerapkan pola makan yang sehat,” paparnya.

Untuk mencegah kanker, Ety menegaskan harus menerapkan gaya Hidup sehat dengan cerdik yaitu cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga atau aktivitas fisik, diet sehat dengan gizi seimbang, istirahat cukup, kelola stres. Selain itu, bagi pasien kanker harus patuh yaitu periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, tetap diet dengan gizi seimbang, upayakan beraktivitas fisik yg aman, hindari rokok dan zat karsinogenik yang lain. (ym)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading YKPI Gelar Temu Penyintas Kanker Payudara se-Indonesia. Please share...!

Back To Top