Alasan Indosat Ooredoo Pilih Makassar untuk Komersialisasi 5G

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia (ketiga dari kiri) saat peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Makassar, Jumat, 19 November 2021



MAKASSAR (IndonesiaTerkini.com)- Operator telekomunikasi, Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar dipilih sebagai kota pertama di Indonesia Timur yang menyediakan layanan 5G komersial untuk membangkitkan tiga sektor bisnis yaitu, pertanian digital, gaya hidup digital, dan pariwisata digital.

Chief Business Officer (CBO) Indosat Ooredoo Bayu Hanantasena mengatakan, sebagai pusat atau hub dari wilayah Indonesia Timur, Makassar dinilai memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. "Indosat Ooredoo akan mengembangkan use case di tiga sektor bisnis yaitu, pertanian digital atau digital agriculture, digital lifestyle atau gaya hidup digital, dan digital tourism atau pariwisata digital," ujar Bayu, saat peluncuran komersialisasi layanan 5G di Makassar, Jumat, (19/11/2021).

Bayu menjelaskan, layanan 5G bukan hanya soal teknologi, tetapi bagaimana membangun ekosistem. Oleh karena itu, Indosat Ooredoo menyiapkan ekosistem Device Network and Application (DNA) secara bersama-sama. "Kenapa kita pilih 3 sektor tersebut. Ini adalah area di mana, Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan punya keunggulan dalam digital agribisnis, smart industri dan tourism serta digital lifestyle. Tentunya itu adalah kekuatan Sulsel," jelas Bayu.

Sementara, SVP Head of Region Kalimantan dan Sumapa, Priyo Sasongko, menambahkan, pertumbuhan dan pengembangan layanan mengisyaratkan adanya kerjasama, terutama policy dari pemerintah. Sedangkan, dari sisi teknologi, membangun ekosistem sangat berpengaruh antara operator, device serta use case itu sendiri. "Nah, kita sudah sangat dekat dengan Unhas (Universitas Hassanudin), untuk meneliti dan bekerjasama dalam banyak hal, tinggal bagaimana kita mengembangkan lagi untuk melihat potensi lokal untuk use case dan lain lain. Saya pikir pasar juga sudah butuh, nanti solusinya yang nanti kita akan kembangkan, jelas Priyo. (pr)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Alasan Indosat Ooredoo Pilih Makassar untuk Komersialisasi 5G. Please share...!

Back To Top