Bhinneka dan President University Berdayakan UMKM di Era Digital

Bhinneka dan SetSail BizAccel yang merupakan inkubator bisnis President University (PresUniv) meluncurkan platform Campus Marketplace dalm rangka memberdaykaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga dapat berdaptasi di era digital



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bhinneka dan SetSail BizAccel yang merupakan inkubator bisnis President University (PresUniv) meluncurkan platform Campus Marketplace. Tujuannya memberdayakaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga dapat berdaptasi di era digital di samping mempermudah civitas academica memperoleh kebutuhan pendidikan.

Rektor President University Jony Oktavian Haryanto mengatakan kehadiran Campus Marketplace bertajuk SetSail Store ini menjadi lokapasar khusus civitas academica PresUniv yang melayani belanja kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kuliah, maupun perkantoran. Selain itu, SetSail Store menjadi wadah praktik kewirausahaan mahasiswa kampus President University di Kawasan Industri Jababeka. "Campus Marketplace PresUniv yang dapat diakses melalui laman bhinneka.com ini wujud pengembangan ekosistem kewirausahaan (entrepreneurial ecosystem) di lingkungan kampus," kata dia dalam keterangan tertulisnya Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan kemitraan Bhinneka dan PresUniv juga diperluas menjangkau pelaku UMKM lokal yang berada di sekitar lokasi kampus. Salah satu langkah pemberdayaan usaha kecil dengan menggelar pelatihan UMKM binaan PresUniv bertajuk “Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Desa Karangraharja dengan Campus Marketplace SetSail.Bhinneka.com”.

Head of Corporate Communication Bhinneka, Astrid Warsito mengatakan Bhinneka menyadari bahwa sebuah ekosistem ekonomi digital yang ideal, tak lepas dari peran serta berbagai pihak. "Kegiatan pembinaan ini menjadi salah satu langkah sinergi Bhinneka selaku pelaku industri e-commerce, dengan PresUniv serta pelaku UMKM setempat demi terwujudnya pemberdayaan ekonomi digital," kata dia.

Dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM binaan dari Desa Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, mendapatkan wawasan tentang manajemen strategi bisnis di era digital, pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan pemasaran, serta pengenalan digital marketing. Semua materi dibawakan tim dari Bhinneka, dan ditambah pendampingan langsung kepada para peserta yang ingin onboard atau bergabung dalam platform.

Genta Sahuri Prasetya, salah satu dosen PresUniv sekaligus praktisi digital marketing mengatakan asistensi atau pendampingan ini diharapkan menambah jumlah brand atau online tenant di SetSail Store. Sementara melalui kolaborasi dengan akademisi dan pemerintah dalam melaksanakan program pelatihan pelaku UMKM, Bhinneka mencatat pertumbuhan merchant sekitar 30% di sepanjang tahun 2021. Beberapa di antaranya berhasil menembus platform BeLa Pengadaan untuk belanja barang dan jasa di lingkungan pemerintahan. Seluruh Merchant atau pelaku UMKM yang bergabung dalam platform Bhinneka berpeluang terkoneksi dengan berbagai mitra pemampu (enabler partners) dalam konteks business super-ecosystem mulai mitra perbankan, fintech, mitra penyedia layanan logistik, konsultan dan riset, serta institusi pengembangan bisnis lainnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bhinneka dan President University Berdayakan UMKM di Era Digital. Please share...!

Back To Top