Distribusi Meterai Elektronik, Peruri Gandeng Digiprimatera

Perjanjian kerja sama pendistribusian meterai elektronik antara Direktur Utama Digiprimatera, Adios Purnama dan Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar pada Selasa, 23 November 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT. Peruri Digital Security (PDS) secara resmi melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Digital Prima Sejahtera (Digiprimatera) untuk pendistribusian meterai elektronik (e-meterai).

Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar menjelaskan, e-meterai dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan. Pertama Overt, di mana 70% desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda setiap meterai. Kedua Covert, Peruri seal hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari Peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader. Ketiga dengan pembuktian oleh Peruri. "Meterai elektronik akan meningkatkan pengalaman permeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat," kata Tetty.

Ia melanjutkan, kerja sama ini sesuai dengan diresmikannya penggunaan meterai elektronik oleh Kementerian Keuangan pada tanggal 1 Oktober 2021 dan sejalan dengan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai menjadi landasan hukum pengenaan bea meterai terhadap dokumen elektronik tertentu. Komitmen ini tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Digiprimatera dengan PDS yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama Digiprimatera, Adios Purnama dan Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar pada Selasa, 23 November 2021. “Pandemi Covid-19 mendorong percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya pada pendistribusian dokumen elektronik sehingga banyak transaksi yang juga beralih pada platform digital," kata Adios Purnama, Kamis (25/11/2021).

Dalam hal ini lanjut Adios, Digiprimatera merupakan perusahaan yang berpengalaman menyediakan layanan digital transformasi sehingga kerja sama ini merupakan bukti nyata perusahannya dalam mendukung digitalisasi pada berbagai sektor khususnya dalam transformasi dokumen. "Nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 27001:2013 tentang penyediaan layanan e-commerce, platform digital dan aplikasi lainnya," tegas Adios.

Tetty Herawati Siregar mengatakan. nantinya Direktorat Jenderal Pajak Bersama Perum Peruri melalui PT. Peruri Digital Security (PDS) akan melakukan pendistribusian, edukasi, dan penyampaian informasi kepada masyarakat dalam penggunaan e-meterai ini.

Digiprimatera lanjut Tetty akan menjadi penyedia layanan pembelian e-meterai melalui plaform Dimensy (Digital Document Security) dan produk-produk digital security lainnya seperti Digital Signature, Digital Certificate, Digital Stamps dan Keyla. Digiprimatera dan PDS akan menyediakan dokumen elektronik yang menawarkan garansi berupa otentifikasi legalitas dokumen elektronik, non-repudiation, intergrity dan confidentiality untuk memastikan informasi yang terjaga kerahasiaan dan keamanannya. Dalam proses implementasi, perusahaan akan berkomitmen untuk saling bahu-membahu mengembangkan produk digital yang lebih baik untuk menjadi fasilitas yang dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat di era transformasi digital saat ini. "Dengan adanya kerja sama ini, PDS dan Digiprimatera berkomitmen untuk saling mendukung dan sama-sama mengunggulkan produk digital khususnya dari Perum Peruri," tutupnya. 

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Distribusi Meterai Elektronik, Peruri Gandeng Digiprimatera. Please share...!

Back To Top