Gandeng BRI, Ayoconnect Siap Luncurkan Solusi Open Finance

Komisaris Ayoconnect Ilham Habibie bersama CEO Ayoconnect Jakob Rost dan COO Ayoconnect Chiragh Kirpalani



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan Application Programming Interface (API) Indonesia, Ayoconnect mengumumkan kerja sama strategis dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Melalui kerja sama ini, Ayoconnect dapat membuka akses ke layanan keuangan terdigitalisasi BRI, seperti direct debit, bulk transfer, hingga pembukaan rekening deposito.

COO dan founder Ayoconnect, Chiragh Kirpalani, mengatakan, kolaborasi antara Ayoconnect dan BRI merupakan contoh nyata dari potensi manfaat yang dapat dihasilkan dari implementasi ekosistem open finance. “Open finance adalah sistem yang membangun interkonektivitas antara penyedia jasa keuangan dengan penyedia jasa lainnya melalui teknologi API guna meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan," ujar Chiragh Kirpalani, Rabu (3/11/2021).

Chiragh menjelaskan, API atau antarmuka pemrograman aplikasi merupakan perangkat lunak (software) perantara yang memungkinkan beberapa aplikasi atau institusi untuk terhubung dan berbicara satu sama lain. "Ekosistem open finance Ayoconnect dibangun untuk memberdayakan penyedia jasa meluncurkan layanan keuangan terdigitalisasi dengan cepat dan mudah, tanpa harus membangun seluruh infrastruktur yang dibutuhkan dari awal,” jelasnya.

Open finance diprediksi akan menjadi kunci masa depan industri keuangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melalui koneksi antara satu sama lain dalam ekosistem open finance, perusahaan perbankan dan ritel dapat menyediakan berbagai layanan keuangan dengan lebih cepat dan efisien.

Berdasarkan riset Accenture, implementasi open finance memiliki peluang untuk menghasilkan pendapatan hingga US$ 416 miliar bagi pelaku industri jasa keuangan secara global. Riset yang diluncurkan pada bulan Juni 2021 ini juga menyebutkan, 76% bank di seluruh dunia memprediksi adopsi terhadap open finance API akan meningkat 50% atau lebih dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun mendatang. Open finance juga memberikan pelanggan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam memilih layanan keuangan. Adopsi open finance juga akan menurunkan biaya dan waktu yang diperlukan pelanggan untuk mengakses layanan keuangan.

Division Head Digital Banking Development and Operations BRI, Muhammad Ghifary, mengatakan, dengan adanya kerja sama strategis Ayoconnect dengan BRI melalui BRIAPI, nasabah BRI yang ingin berbelanja di berbagai platform ritel yang telah bermitra dengan Ayoconnect memiliki alternatif pembayaran baru. "Fasilitas ini semakin memudahkan pengalaman bertransaksi karena Ayoconnect telah mengadopsi fitur pendebitan saldo rekening secara langsung. Kolaborasi ini tentu akan menghadirkan pengalaman perbankan yang seamless bagi ratusan juta nasabah BRI di seluruh Indonesia," kata Ghifary.

Ghifary menambahkan, BRI mendukung open finance dengan mengembangkan BRIAPI sebagai pintu gerbang kerja sama dengan berbagai platform digital maupun non-digital untuk menjangkau ekosistem beyond banking. "Hal ini bertujuan agar BRI dapat menyediakan layanan perbankan sebagai embedded finance ke berbagai aplikasi melalui kerja sama strategis seperti dengan Ayoconnect," pungkasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Gandeng BRI, Ayoconnect Siap Luncurkan Solusi Open Finance. Please share...!

Back To Top