Genap Berusia Setengah Abad, SSIA Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) menggelar event SSIA 50th Anniversary Thanksgiving, Jumat, 12 November 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) pada tahun ini genap berusia 50 tahun. Guna mempertahankan kinerja prima perusahaan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, SSIA berkomitmen mendorong pemanfaatan dan integrasi teknologi digital dalam pengembangan bisnis.

Presiden Direktur SSIA, Johannes Suriadjaja, mengatakan, salah satu wujud komitmen SSIA dalam mengintegrasikan teknologi dalam pengembangan bisnis adalah pengembangan Subang Smartpolitan. Proyek yang berada di area seluas 2.717 hektare (ha) ini, akan dikembangkan menjadi sebuah kota mandiri yang serba canggih dan berteknologi maju. "Subang Smartpolitan akan menjadi kota di mana kegiatan ekonomi, budaya, dan infrastruktur semuanya didukung melalui cara yang cerdas dan berkelanjutan sehingga lebih baik dan lebih efisien," kata Johannes Suriadjaja, di sela acara "SSIA 50th Anniversary Thanksgiving", Jumat (12/11/2021).

Subang Smartpolitan dirancang guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bekerja, hidup, belajar, dan bermain. Oleh karena itu, kawasan ini akan memiliki lingkungan profesional yang dinamis kondusif untuk pertumbuhan, fasilitas kesehatan mutakhir untuk menjaga kesejahteraan masyarakat, pusat penelitian dan pengembangan lanjutan untuk mendorong inovasi, dan institusi pendidikan yang unggul untuk menumbuhkan bakat-bakat muda, serta beragam aktivitas hiburan. Subang Smartpolitan akan memanfaatkan teknologi yang memungkinkan penduduk untuk mengakses kondisi cuaca, situasi lalu lintas, penggunaan listrik dan utilitas, tagihan, pembayaran seluler, internet of things (IoT) dan memiliki mobil otomatis dalam jangkauan dan kenyamanan pengguna. Pengembangan tersebut meliputi juga gerakan menuju industri 4.0, sistem pendingin distrik, lampu jalan bertenaga surya, stasiun pengisian kendaraan listrik, fiber optik, dan infrastruktur siap 5G. Subang Smartpolitan yang masuk dalam pengembangan Rebana Metropolitan memiliki lokasi yang strategis karena terhubung dengan sejumlah infrastruktur pendukung seperti Tol Trans Jawa, Bandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta jalur kereta api untuk penumpang dan kargo.

Johannes mengatakan, proyek unggulan Subang Smartpolitan merupakan bukti konkret dari visi perusahaan untuk Building A Better Indonesia melalui penerapan nilai perusahaan yaitu trustworthiness, strive for excellence dan customer focus. "Penerapan teknologi dalam pengembangan proyek ini merupakan adaptasi dan inovasi kami dalam menghadapi tantangan zaman. Kami percaya pengembangan Subang Smartpolitan akan memberikan hal-hal terbaik bagi masyarakat dan menjadi proyek kebanggaan Surya Internusa Group di masa-masa yang akan datang," tegasnya.

Johannes melanjutkan, saat ini dunia penuh dengan tantangan yang berbeda, tantangan yang memaksa untuk mengubah cara bekerja dan hidup. "Oleh karena itu, kita harus beradaptasi dan terus mengantisipasi perubahan. Seiring waktu, teknologi dan ekonomi digital telah berulang kali muncul sebagai kekuatan dominan di dunia kita. Kita tidak hanya harus menerima teknologi tetapi juga mengintegrasikannya ke dalam kehidupan kita. Mau tidak mau, ini adalah masa depan," tandasnya.

Berdiri pada tahun 1971, pada mulanya SSIA bernama PT Multi Investments yang dibangun oleh sejumlah visioner yaitu William Soeryadjaya, Tjia Kian Tie, Benyamin Arman Suriadjaya, Santoso Sutantyo, Hendra Ascari Widjaja, dan James Suliman. Bisnis awal perusahaan ini meliputi berbagai bidang mulai dari perkebunan, properti, lembaga keuangan hingga manufaktur otomotif. SSIA kemudian bertransformasi menjadi perusahaan yang fokus pada tiga pilar utama bisnis yaitu konstruksi, properti, dan perhotelan. Perubahan fokus bisnis ini menunjukkan hasil yang luar biasa. Saat ini, SSIA telah mampu memiliki delapan anak perusahaan utama meliputi bidang usaha properti, jasa konstruksi serta perhotelan dengan jumlah karyawan mencapai 2.511 orang.

"50 tahun sudah perjalanan perusahaan kami dan itu tidak mudah. Jalan yang dilalui penuh dengan tantangan, namun saya bersyukur atas perjalanan yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar, tumbuh dan berkembang menjadi Surya Internusa Group saat ini. Tentu saja, penghargaan harus diberikan kepada mereka yang telah berkontribusi tanpa lelah selama bertahun-tahun. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dewan komisaris, direksi, karyawan, pemangku kepentingan dan tentu saja, pelanggan kami,” tutup Johannes. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Genap Berusia Setengah Abad, SSIA Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital. Please share...!

Back To Top