Grab, Bareksa, OVO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan

Grab, Bareksa, dan OVO menjalin kolaborasi untuk memperluas akses e-investment masyarakat Indonesia. (Foto: Istimewa)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Grab, Bareksa dan OVO menjalin kolaborasi untuk memperluas akses e-investment masyarakat Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, melalui kolaborasi ini, Bareksa akan mendapatkan akses ke pengguna dan mitra Grab untuk menawarkan peluang investasi dengan pembayaran melalui OVO. “Grab, Bareksa dan OVO memiliki misi yang sama dalam meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Maka, kerja sama ini berada di posisi yang sangat strategis,” ujar Neneng, Kamis (25/11/2021).

Dalam kolaborasi tersebut, Bareksa, platform e-investasi terintegrasi memperoleh pendanaan Seri C dari Grab yang telah dirampungkan pada akhir Oktober lalu. “Investasi kami di Bareksa itu karena kami akan memperkuat bisnis jasa keuangan di indonesia, dan juga dengan ini kami mempertegas komitmen Grab Indonesia dalam mendorong perkembangan ekosistem start up,” ujar dia.

Pendanaan tersebut sejalan dengan keberhasilan Bareksa menjadi platform e-investasi pilihan masyarakat, sekaligus sebagai strategi untuk memperkuat sinergi antara Grab, Bareksa dan OVO, selaku platform pembayaran digital terdepan di Indonesia yang menyuntikkan dana Seri B ke Bareksa pada 2019 lalu. Langkah tersebut mencerminkan besarnya potensi pertumbuhan pasar wealth management Indonesia mengingat pada tahun 2020, tingkat penetrasi reksa dana di Indonesia baru 3% dari produk domestik bruto (PDB). Namun, di tengah pandemi Covid-19, jumlah investor pasar modal justru bertambah. Sebagai informasi, data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, sampai dengan Agustus 2021, ada 6 juta investor pasar modal. KSEI menyampaikan bahwa sepanjang 2020, 70% investor ritel, membeli reksadana melalui platform fintech.

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari keluarga Grab dan OVO yang saat ini merupakan pemain digital terkemuka di Indonesia. Pendanaan Grab ke Bareksa ini akan semakin mengukuhkan keberadaan Bareksa sebagai marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia yang berhasil menjadi platform e-investasi pilihan masyarakat melalui penawaran produk dan layanan investasi yang berkualitas, aman dan beragam,” ujar Co-Founder dan CEO of Bareksa Karaniya Dharmasaputra.

Karaniya menyampaikan, bersinergi dengan Grab dan OVO, Bareksa akan dapat semakin luas memberikan akses, mengedukasi manfaat investasi dan memberikan pengalaman e-investasi yang seamless kepada jutaan mitra pengemudi, pemilik kios dan UMKM, serta pengguna Grab dan OVO.

CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai menambahkan, sinergi OVO-Bareksa telah membuktikan bahwa kolaborasi dan inovasi antara platform pembayaran digital dan wealth-tech memiliki dampak positif yang riil dalam perluasan layanan pasar modal. Fitur investasi OVO yang pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2021 dengan didukung Bareksa, kini telah berkembang dalam menawarkan produk reksa dana baik yang berbasis konvensional maupun syariah, telah berhasil menggaet ratusan ribu nasabah baru. “Kini dengan hadirnya Grab di sinergi yang baru ini, kami yakin produk investasi kami ke depannya akan semakin beragam dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin inklusif secara finansial,” ujar dia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Grab, Bareksa, OVO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan. Please share...!

Back To Top