Indosat Ooredoo Gandeng Google Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia

Indosat Ooredoo menjalin kerja sama dengan Google untuk mempercepat transformasi digital UMKM di Indonesia



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Operator telekomunikasi, Indosat Ooredoo dan Google Cloud mengumumkan kemitraan strategis baru untuk mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan perusahaan di Indonesia. Langkah kedua perusahaan itu dinilai sejalan dengan tujuan program pengembangan ekonomi digital pemerintah Indonesia. Kemitraan ini juga akan melayani usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia sebagai segmen target prioritas, dan mencakup banyak bidang yang menjadi inti dari keunggulan kedua perusahaan.

"Kami memahami dampak signifikan pandemi terhadap UMKM di Indonesia dan kemitraan ini akan menghadirkan produk dan layanan digital baru dan luar biasa yang dibutuhkan bisnis ini untuk berkembang," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, Selasa (9/11/2021).

Ahmad Al-Neama menjelaskan, melalui kemitraan ini, Indosat Ooredoo akan menawarkan solusi digital UMKM berbasis cloud atau komputasi awan dan berkemampuan 5G yang akan memberdayakan model bisnis baru dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan pasar dan peluang baru yang sebelumnya tidak mungkin. "Kami menantikan kolaborasi yang panjang dan penuh manfaat dengan Google yang akan mempercepat digitalisasi di kalangan UMKM dan transformasi Indonesia menjadi masyarakat digital,” kata Ahmad Al-Neama.

Kemitraan strategis yang disepakati oleh kedua perusahaan tersebut akan mendorong transformasi UMKM Indonesia secara digital di seluruh proses bisnis mereka. Indosat Ooredoo dan Google Cloud akan menciptakan marketplace yang dipersonalisasi dengan penawaran software-as-a-service dengan tujuan mendigitalkan UMKM sepenuhnya sejak mereka memulai bisnis mereka, dan di setiap tahap perjalanan bisnis mereka.

"Ini dapat mencakup membangun kehadiran online dengan Google My Business, meningkatkan produktivitas mereka dengan Google Workspace, memperluas dan mengotomatiskan bisnis mereka dengan AI/ML, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analitik data cerdas di cloud, serta banyak lagi,” ujar Ahmad Al-Neama.

President Google Cloud, Rob Enslin, menambahkan, kunci untuk menghadirkan aplikasi generasi berikutnya dan menciptakan pengalaman baru pelanggan dengan Indosat Ooredoo adalah budaya Google bersama untuk inovasi. "Kami senang berkerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk membantu mendigitalkan bisnis dari semua jenis perusahaan di Indonesia, dan juga membantu Indosat Ooredoo menciptakan new engine untuk inovasi dan pertumbuhan jangka panjang,” tambah Rob Enslin. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Indosat Ooredoo Gandeng Google Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia. Please share...!

Back To Top