Kerja Sama dengan PLN, SILO Bangun Kawasan Sebuku

Penandatanganan MoU antara PT SILO dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 310 MVA di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan, Rabu, 24 November 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) menyiapkan sebuah kawasan perindustrian khusus. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan biji besi itu menyiapkan areal yang dinamakan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP).

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT SILO, Effendy Tios saat penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara PT SILO dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar 310 mega volt ampere (MVA) di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan, Rabu (24/11/2021).

Menurut Effendy, SIIP ini nantinya akan menjadi pusat industri yang komprehensif dan terlengkap tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. "Karena Pulau Sebuku sebagai kawasan industri yang memiliki banyak keunggulan, lokasi strategis karena tersedianya sarana transportasi, tersedia sarana pelabuhan yang bisa menampung kapal-kapal besar. Ini sangat potensial untuk membangun sektor perekonomian kita. Karena itu, ke depan kebutuhan akan energi listrik sangat besar," ujar Effendy.

Apalagi, imbuh dia, keunggulan lain yang dimiliki Sebuku adalah ketersediaan batubara yang meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan yang melimpah batubaranya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan kawasan industrial lain. "Sebab kawasan industrial lain, itu untuk batubaranya didatangkan dari pertambangan di Kalimantan. Nah, Sebuku ini kawasan yang bisa dibilang langsung berada di mulut tambang," ungkap dia.

Karena itu, kata Effendy, diperlukan energi listrik yang sangat besar. "Di sinilah perlunya kerja sama yang saling menguntungkan, karena industri ini tidak boleh ada suplai listrik yang terhenti, jangan sampai ada listrik padam. Kita kerja sama dengan PLN sebesar 310 MVA ini buka main besarnya," tambah dia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kerja Sama dengan PLN, SILO Bangun Kawasan Sebuku. Please share...!

Back To Top