Metrodata Diversifikasi Bisnis ke Grafik Data

Kerjasama anak usaha Metrodata dan TigerGraph Indonesia



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), anak perusahaan PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), ditunjuk sebagai mitra distributor pertama TigerGraph di Indonesia untuk solusi grafik analitik (graph analytic). TigerGraph juga akan bekerja sama dengan anak usaha MTDL lainnya, yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII) seiring dengan penandatanganan nota kesepahaman pada 11 November 2021. TigerGraph merupakan penyedia platform grafik analatik (graph analytics) asal Amerika Serikat.

Hal ini untuk mendukung penerapan graph analytics yang membidik kalangan profesional dalam industri dan para mahasiswa, yang diterapkan dengan mahadata (big data), analisa bisnis (business analytics), kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI), dan machine learning. Lie Heng, Direktur SMI, mengatakan pihaknya mengamatai peningkatan permintaan data grafik dan analitik dari pelanggan-pelanggan di Indonesia. “Kami mendukung ekspansi pasar TigerGraph untuk menjangkau pelanggan di berbagai industri. Misalnya, perbankan, layanan keuangan, asuransi, kesehatan, dan manufaktur,” ujar Lie, Kamis (18/11/2021).

TigerGraph juga memiliki solusi komputasi awan (cloud solution) yang memudahkan setiap perusahaan dalam melakukan proses analisa data dengan jumlah besar secara real-time serta mendukung pengambilan keputusan dengan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam bisnis. Sebagai contoh, pencegahan ancaman cyber security, deteksi potensi penipuan, risiko pencucian uang, manajemen rantai pasok (supply chain management), optimalisasi jaringan, serta customer 360 untuk industri keuangan dan perbankan, teknologi, manufaktur, dan sektor kesehatan.

Kolaborasi bisnis antara anak usaha MTDL dengan TigerGraph ini juga turut membantu dalam pengembangan talenta digital di Indonesia melalui MII khususnya Metrodata Academy dalam bidang pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Herryanti Herman, Direktur MII menyebutkan data Gartner menyimpulkan sekitar 80% dari basis data (database) dan inovasi analitik di dunia akan menggunakan teknologi grafik. “Akademi kami akan bekerja dengan erat bersama pemimpin industri TigerGraph dalam menyiapkan pelatihan dan menjembatani ke dalam komunitas grafik,” ujar Heryanti.

MII meyakini pihaknya akan menciptakan lapangan pekerjaan dan mengembangkan karier dari peserta yang mengikuti program jangka panjang.”Bersama-sama bergerak menuju industri TI dan negara maju,” imbuhnya. Kemitraan ini dapat memberi manfaat bagi 16 vendor dan 180 kampus di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan Metrodata Academy. Di sisi lain, juga menambah portofolio SMI sebagai distributor TIK di Indonesia yang sudah memiliki 20 lokasi di lebih dari 150 kota dan 5.200 mitra. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Metrodata Diversifikasi Bisnis ke Grafik Data. Please share...!

Back To Top