Pengembang Akui Peran Agen Properti Semakin Dibutuhkan

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) menggelar perhelatan akbar “The Biggest Real Estate Summit 2021” yang dilakukan langsung secara virtual, Rabu, 17 November 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pandemi Covid-19 telah membuat developer dan agen properti semakin inovatif, kreatif, dan gigih agar tidak menderita kerugian yang dalam dan bisa terus bertumbuh.

Director PT Summarecon Agung Tbk Herman Nagaria mengatakan, selalu ada peluang yang bisa digarap di dalam krisis. Untuk menangkap peluang, butuh komunikasi yang baik. Seperti pusat perbelanjaan yang terkena hantaman besar saat pandemi dan Summarecon melakukan komunikasi dengan para tenant mencari jalan apa yang bisa dilakukan. "Akhirnya kita mendorong penjualan online sehingga pusat perbelanjaan menjadi center delivery. Banyak pelajaran yang bisa didapat dari kirisis akibat pandemi ini,” ujar Herman di acara diskusi perhelatan akbar The Biggest Real Estate Summit 2021, Rabu (17/11/2021).

Herman menjelaskan, agen properti saat ini sangat dibutuhkan oleh developer karena sangat membantu penjualan. Jumlah agen properti yang besar menjadi ujung tombak penjualan oleh developer. Bahkan penjualan yang diraih dari agen properti lebih besar dibanding dari tim in-house marketing. "Dalam menggandeng agen properti, kami bekerjasama dengan Arebi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Agen properti yang memasarkan produk properti Summarecon kita minta menjadi anggota Arebi agar mereka bisa bekerja secara profesional,” ujar Herman.

Sementara, Director PT Jababeka Tbk Sutedja Sidarta Darmono mengatakan, dibutuhkan kecepatan untuk meraih peluang yang ada. "Kami mempersiapkan produk rumah hanya dalam dua bulan karena ada kebutuhan di saat pandemi dan produk tersebut disambut baik oleh pasar dan terjual dalam waktu yang cepat. Dengan menggandeng Arebi, pengembang sudah melakukan filter, hanya bekerjasama dengan broker yang profesional. "Kami berharap agar Arebi ke depan terus meningkatkan profesionalitas anggotamya,” ujar Sutedja.

Wakil Ketua Umum II Arebi Jaya Cahyadi mengatakan, agen properti saat ini sudah melek teknologi dan menggunakan teknnologi untuk memasarkan properti. Pemanfaatan sosial media juga semakin tinggi oleh broker properti. "Teknologi tidak akan mematikan peran agen properti tetapi akan sangat membantu agen properti,” kata Jaya Cahyadi.

Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi mengatakan, pelaku usaha di sektor properti harus optimistis walau pandemi Covid-19 belum usai sampai saat ini. Kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi terkini. Beradaptasi dengan dunia digital. Harus memahami pasar yang dibidik. Seperti apa perilaku generasi yang menjadi target pasar. Mengakomodir kepentingan mereka dan membuat produk yang sesuai. Generasi X dan Y akan mendominasi golongan pendapatan. Oleh karena itu mereka pasar yang harus dibidik, baik oleh developer maupun broker properti,” papar Alim Gunadi. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pengembang Akui Peran Agen Properti Semakin Dibutuhkan. Please share...!

Back To Top