Peran BukuWarung dalam Produktivitas UMKM

Pelaku UMKM yang terdaftar sebagai pengguna BukuWarung mendapatkan manfaat yang signifikan



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- BukuWarung telah berhasil meningkatkan produktivitas pelaku UMKM dengan menambah output usaha sebesar Rp 640 miliar atau setara 0,01 PDB UMKM.

BukuWarung juga turut mengakselerasi output ekonomi nasional hingga Rp 32,86 triliun, setara dengan PDB Nasional 0,27%. Studi ini dikeluarkan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) yang disampaikan oleh Nailul Huda, Peneliti INDEF dalam paparan virtual, Kamis (18/11/2021).

Masih dalam studi yang sama, keberadaan BukuWarung membuat pendapatan pelaku usaha secara total mengalami kenaikan sejumlah Rp 10,97 triliun dan mendorong penyerapan tenaga kerja sebanyak 368 ribu jiwa. Dari sisi kredit, BukuWarung juga telah memudahkan neraca keuangan pelaku UMKM yang berdampak positif terhadap penyaluran kredit. “Adanya pencatatan pembukuan yang lebih baik menjadikan UMKM tersebut memiliki nilai lebih untuk mengajukan pendanaan sehingga mendorong kredit UMKM sebesar Rp 1,14 triliun, ada peningkatan 21,93% dibandingkan tidak menggunakan BukuWarung. Kontribusi kenaikan ini adalah 0,12%,” paparnya.

Nailul menyimpulkan, pelaku UMKM yang terdaftar sebagai pengguna BukuWarung mendapatkan manfaat yang signifikan seperti peningkatan produktivitas, pencatatan yang lebih terintegrasi dan lebih rapi, termasuk keuntungan atau kerugian dari bisnisnya, serta perluasan pangsa pasar. Peningkatan produktivitas berdampak pada peningkatan pendapatan pelaku usaha, penyerapan tenaga kerja, dan pengajuan kredit UMKM.

Menanggapi hasil studi INDEF tersebut, Head of Marketing BukuWarung Ika Paramita mengatakan, UMKM menjadi fokus BukuWarung mengingat peran krusialnya terhadap perekonomian Indonesia. "Ibaratnya, kami melakukan akuisisi digital, membantu memindahkan usaha secara online dari offline. Banyak UMKM yang menggunakan BukuWarung ketika pandemi,” terang Ika.

BukuWarung merupakan perusahaan teknologi penyedia ekosistem finansial digital yang membantu pelaku UMKM di Indonesia dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis secara efisien. BukuWarung telah digunakan oleh 6,5 juta UMKM dengan berbagai layanan unggulan, seperti pencatatan keuangan digital, pembayaran, dan pembiayaan online. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Peran BukuWarung dalam Produktivitas UMKM. Please share...!

Back To Top