PJI Fasilitasi Pengembangan Kewirausahaan 13.358 Pelajar

Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam upaya menekan pengangguran di Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) didukung Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

“Para pelajar sebagai bagian generasi Z (gen Z) memiliki keunggulan karakter true digital natives yang terpapar internet, jejaring sosial, dan penggunaan seluler sejak dini. Kami meyakini, kedekatan generasi Z dengan teknologi mampu memberikan sudut pandang unik, tetapi efisien dalam memecahkan kendala di lingkungan mereka. Dengan pendekatan ini, ide bisnis pelajar peserta SC 2021 bisa terus tumbuh menjadi UMKM yang berkembang,” ujar Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid dalam keterangan tertulis, Minggu (7/11/2021).

Inisiatif yang telah melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK sejak 12 tahun lalu ini memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha para peserta melalui pengalaman langsung mengoperasikan usaha mikro di sekolah. Pada implementasi tahun ini, 549 pelajar dari sembilan kota/kabupaten di Indonesia ditantang membuat ide bisnis yang dapat memecahkan masalah di komunitas dengan mengoptimalkan teknologi digital. Selama periode program, guru serta relawan dari mitra PJI ikut terlibat aktif memberikan pendampingan berbagi pengalaman dan inspirasi. Para pelajar berkesempatan mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia usaha yang sesungguhnya, memperoleh gambaran tentang keterampilan masa depan, dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir potensial.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, berdasarkan data BPS tahun 2021, generasi muda menduduki tingkat pengangguran terbuka tertinggi selama pandemi Covid-19, yaitu sebesar 11,13% untuk lulusan tingkat pendidikan SMK dan sebesar 9,09% untuk lulusan tingkat pendidikan SMA. “Kami berharap program ini mampu meningkatkan peluang kerja generasi muda melalui rangkaian pelatihan dan pendampingan, khususnya terkait literasi digital dalam konsep kewirausahaan,” ungkap Puni.

Indeks literasi digital Indonesia masih tergolong rendah, yaitu sebesar 3,47 dari skala 1 hingga 4 berdasarkan survei literasi digital nasional tahun 2020. Dukungan ini selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan konektivitas dan talenta digital generasi muda melalui program Indonesia Makin Cakap Digital 2021.

Program Student Company 2021 memberikan manfaat kepada pelajar di 30 SMA/SMK di sembilan kota/kabupaten di Indonesia, mencakup Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar. Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan mengerucutkan 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021 yaitu Qreate SC (SMAN 34 Jakarta), Wignesa SC (SMAN 3 Semarang), Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta), Neon SC (SMAN 2 Denpasar), Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan), Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat), dan Alanza SC (SMAN 16 Surabaya). (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading PJI Fasilitasi Pengembangan Kewirausahaan 13.358 Pelajar. Please share...!

Back To Top