Festival Kopi Indonesia di Rusia Berdayakan UMKM

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia. (Foto: Dok)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia dalam rangka memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kopi naik kelas siap ekspor sekaligus dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

"BCA memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample," kata Direktur BCA John Kosasih dalam keterangan tertulisnya Senin (6/12/2021).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63%. Sebagai bagian sistem keuangan nasional, BCA berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi, termasuk UMKM. "Kami ingin membawa nama baik UMKM Indonesia, khususnya yang bergerak di bisnis kopi, dalam kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia,’’ ujar dia.

John mengatakan BCA berharap dukungan ini dapat meningkatkan awareness terhadap potensi kopi Indonesia di pasar internasional. "Setelah kegiatan ini berakhir, para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” kata John.

Sebagai gambaran, dari delapan peserta Festival Kopi Indonesia di Rusia yakni Aksata Coffee, Awi Coffee, Bali Beans Coffee, Bangflo, Dua Coffee Roastery, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan Taman Delta Coffee, sebanyak tujuh merupakan UMKM binaan BCA dari Jakarta, Semarang, Medan, Bali, dan Flores. Kedelapan merchant ini menawarkan beragam varian kopi, antara lain Arabica, Robusta, Luwak, Gayo, Flores, Green Coffee, dan Bali Kintamanis. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Festival Kopi Indonesia di Rusia Berdayakan UMKM. Please share...!

Back To Top