Hippi Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Suryani Sidik Motik dalam Rapat Kerja Nasional ke-II Hippi di Jakarta yang juga disiarkan secara daring, Selasa, 21 Desember 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) menggelar Rapat Kerja Nasional ke-II yang mengangkat tema “Pentingnya Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital”.

Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hippi Suryani Sidik Motik, tema ini dipilih karena Hippi melihat peluang ekonomi digital di Indonesia sangat besar, namun tidak semua masyarakat atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa mengambil peluang tersebut lantaran belum meratanya infrastruktur digital. Karenanya, penting sekali untuk pelakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital.

Di tengah tren belanja online yang terus meningkat, Suryani juga menyayangkan masih minimnya produk-produk lokal yang dipasarkan di e-commerce atau marketplace online. Mayoritas justru diisi produk-produk impor, utamanya dari Tiongkok. “Dari penelitian Indef, 90% produk-produk yang dijual secara digital itu bukan produk-produk UMKM Indonesia, tetapi produk dari Tiongkok. Jadi kita kebagian apa?,” kata Suryani Sidik dalam Rapat Kerja Nasional ke-II Hippi di Jakarta yang juga disiarkan secara daring, Selasa (21/12/2021).

Akses internet di berbagai daerah juga masih terbatas, sehingga menyulitkan masyarakat atau pelaku UMKM untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital. “Tiap kali mengakses (internet), seringkali tidak bisa, hilang, unstable connection. Sampai teman-teman event organizer (EO) kalau ada event, yang menang bukan lagi EO Indonesia, tetapi pemain dari Singapura. Alasannya karena infratruktur digital kita tidak mendukung, sehingga diambil yang dari Singapura,” ungkapnya.

Suryani memberi contoh event risk management berskala internasional yang dihadiri 60 negara di Bali pada 8 Desember lalu, EO-nya juga berasal dari Singapura. Padahal acara tersebut digelar di Indonesia. “Jadi ini sangat ironi. Di satu sisi ada peluang, tapi di sisi lain yang menikmati bukan kita,” ujar Suryani. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Hippi Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Digital. Please share...!

Back To Top