Industri Gim dan Esports Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Digital

Telkomsel menggelar Dunia Games Awards 2021 untuk mendukung kemajuan industri gim dan esports. (Foto: Ist)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Telkomsel melalui Dunia Games terus berupaya mengakselerasi setiap aspek di ekosistem gim dan e-sports Tanah Air untuk semakin berkembang. Selain merilis berbagai gim dengan genre yang beragam dan merilis konten terkait industri gim dan e-sports di platform Maxstream, Telkomsel juga memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah berkontribusi dalam mendukung kemajuan industri ini melalui Dunia Games Awards (DGA) 2021.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana menyampaikan, industri gim dan esports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh, bahkan berpotensi menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital nasional di masa depan. Digelarnya Dunia Games Awards menurutnya juga bukan sebatas memberikan apresiasi, tetapi membuka peluang kolaborasi lebih luas bagi seluruh elemen di industri ini dengan memanfaatkan solusi teknologi terintegrasi, guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia ini. "Untuk menjadikan industri gim dan e-sports sebagai kekuatan ekonomi digital, dibutuhkan komitmen kita bersama untuk bisa mewujudkan hal tersebut, yang mana perlu adanya sinergi antara seluruh pihak di ekosistem ini untuk bisa saling mendukung," kata Nirwan dalam acara puncak penghargaan Dunia Games Awards (DGA) 2021, Kamis (23/12/2021).

Dalam penyelenggaraan Dunia Games Awards 2021 ini, Telkomsel memberikan apresiasi kepada gamers, atlet e-sports profesional, content creator, e-sports organizer, publisher dan developer gim lokal, celebrity gamers hingga fans club e-sports yang akan terbagi ke dalam 17 kategori. Para pemenang tersebut merupakan hasil pilihan langsung masyarakat melalui metode voting pada 1-14 Desember 2021. Bersamaan dengan penyelenggaraan Dunia Games Awards 2021, Telkomsel melalui platform konten video-on-demand MAXstream juga menghadirkan konten dokumenter orisinal berjudul Indonesian Esports Legend -Push It Down! . Melalui konten orisinal tersebut, Telkomsel ingin menunjukkan perkembangan industri gim dan esports Indonesia yang semula dipandang sebelah mata hingga dapat berkembang menjadi salah satu sektor yang berkontribusi pada pendapatan domestik bruto (PDB) tahun 2020.

"Hadirnya konten dokumenter tersebut merupakan bentuk apresiasi sekaligus menginspirasi seluruh entitas yang ada di industri ini agar terus bergerak maju dalam memperkuat ekosistem gim dan esports nasional agar lebih berdampak untuk kemajuan bangsa," kata Nirwan.

Dari data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, industri gim di Indonesia pada 2020 berhasil menyumbang 2,19% atau Rp 24,88 triliun dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, Indonesia juga menjadi "rumah" dari 43% pemain gim di Asia Tenggara yang berjumlah 274,5 juta. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Industri Gim dan Esports Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Digital. Please share...!

Back To Top