Inspira Academy Pelopori 3D Printer Edukasi di Indonesia

Inspira Academy membangun satu-satunya pabrik 3D printer lokal (Foto: ist)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- 3D Printing atau cetak 3D telah popular di di dunia Industri dan pendidikan beberapa tahun belakangan ini. Cetak 3D berbeda dengan pengertian cetak pada umumnya. Dalam cetak 3D materi digabung di bawah kontrol komputer untuk membuat benda nyata dan tiga dimensi. Umumnya materi yang dipakai adalah plastik, namun dengan kemajuan teknologi, materi metal, keramik, bahkan bio-material sudah bisa dipakai.

Di Indonesia, PT Inspira Kreatif Infinia atau Inspira Academy membangun satu-satunya pabrik 3D printer lokal, perusahaan lokal ini tidak hanya merakit 3D printer, tapi juga merancang printer beserta komponen-komponennya. Tahun 2021 Inspira Academy melahirkan 3D Pintar yaitu 3D Printer Edukasi pertama di Indonesia lengkap dengan kurikullum berbasis STEAM yang terintegrasi dan berjenjang sehingga siap digunakan oleh sekolah di Indonesia dari TK-SMA. Inspira Academy menyiapkan 3D Printer dan materi pelatihan untuk pekerja lepas sampai dengan industri dengan sistem daring yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 tentang penerapan industri 4.0 menjadi salah satu major project dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, kontribusi nilai tambah, daya saing dan keberlanjutan industri nasional. Untuk diketahui salah satu tonggak industri 4.0 adalah terbentuknya ekosistem teknologi 3D printer. Dengan hadirnya pabrik 3D printer lokal tersebut  pertumbuhan industri ini kian menonjol di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, pemerintah berkomitmen membangun kompetensi SDM yang memenuhi syarat di era industri 4.0 melalui strategi pengembangan pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan berfokus pada 3 lembaga kejuruan, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Balai Latihan Kerja (BLK), dan Politeknik. Kabupaten Ciamis adalah kabupaten pertama di Indonesia dalam menerapkan cetak 3D dalam pengembangaan SDM dengan program ‘Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik berbasis STEAM’ yang dicetus oleh Bupati Ciamis Dr.H. Herdiat Sunarya. Bekerja sama dengan Inspira Academy melalui program peningkatan kompetensi tahun 2021 sudah menerapkan pengetahuan cetak 3D dalam pendidikan STEAM untuk 1.000 guru yang akan dilaksanakan bertahap selama 3 tahun.

Menurut pendiri Inspria Kreatif Infinia,  Sugianto Kolim keunggulan 3D printer salah satunya bisa memproduksi karya desain dalam bentuk 3 dimensi. Rahsia Inspira berhasil merancang 3D printer lokal, dikarenakan hampir semua komponen plastic 3D printer dibuat dengan mesin 3D printer industri dengan presisi tinggi. Jadi tidak lagi melalui proses injeksi yang biaya awalnya lebih mahal. “Kami benar-benar membangun industri ini secara serius, karena kami yakin tren ke depan memiliki prospek yang sangat bagus dan dibutuhkan oleh industri, baik skala rumahan maupun skala  besar. Oleh karena itu, kami membangun ekosistem 3D printing ini dari materi pendidikan, sertifikasi, dan produk 3D printer nasional untuk dunia Pendidikan dan industri,” ungkap Sugianto.

Namun, untuk mendukung Making Indonesia 4.0 tidak cukup hanya membuat pabrikan saja, tetapi bagaimana mengolah Sumber Daya Manusia. Lewat Inspira Academy sebagai satu satu lembaga edukasi  di Indonesia yang memiliki konsentrasi pada bidang desain dan cetak 3D (3D creation), robotik dan Internet of Things, perusahaan tersebut membangun ekosistem pembelajaran. “Kami melakukan transfer knowledge terhadap tenaga pengajar dan diharapkan tenaga pengajar tersebut bisa mengedukasi para siswanya. Kerja sama antara Inspira dan Pemkab Ciamis ini berlangsung selama beberapa tahun. Tahun 2021 ini merupakan angkatan pertama dan angkatan kedua akan dilaksanakan di 2022. Kami juga menyerahkan 300 unit 3D Pintar edisi Galuh yaitu printer produksi lokal yang dirancang khusus untuk sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten Ciamis,” ungkap Sugianto.

Inspira Kretif Infinia akan mengembangkan lagi paket pendidikan berbasis 3D printing, dengan  tujuan makin banyak pelajar dan pemain industri di Indonesia yang  menggunakan 3D printing, dan produk lokal untuk menunjang Industri 4.0. (sd)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Inspira Academy Pelopori 3D Printer Edukasi di Indonesia. Please share...!

Back To Top