KoPSI 2021, Ajang bagi Talenta Inovator dan Peneliti Muda

Ajang Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) sederajat tahun 2021



BANDUNG (IndonesiaTerkini.com)- Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) sederajat menjadi ajang bagi talenta inovator dan peneliti muda. KoPSI digelar guna mengidentifikasi talenta di bidang sains dalam kerangka manajemen talenta nasional untuk klaster bidang sains dan inovasi. Ajang ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memilih talenta inovator dan peneliti muda tingkat nasional.

Dalam laporannya, Kepala Kelompok Kerja bidang Pendidikan Dasar, Keri Darwindo menyampaikan peserta KoPSI tingkat nasional berjumlah 291 siswa yang terbagi atas 3 bidang yang dilombakan. Adapun 3 kategori lomba tersebut meliputi; Pertama, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni sebanyak 40 naskah diikuti oleh 96 peserta. Kedua, Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan sebanyak 40 naskah diikuti oleh 97 peserta; serta ketiga, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa sebanyak 40 naskah diikuti oleh 98 peserta. Dari total judul penelitian yang ada telah ditetapkan judul terbaik untuk kategori peraih medali emas ada 3, medali perak 5 dan 7 perunggu.

Keri mengatakan, pihak penyelenggara menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan, kepala sekolah, orang tua, guru, pembina yang telah mendorong semangat siswa untuk terus berkompetisi dalam situasi pandemi. "Dari penilaian dewan juri, hasil yang dicapai para siswa memang sangat luar biasa. Sebagian besar peserta fokus pada pengembangan, solusi permasalahan, pembangunan di daerahnya masing-masing,” ucapnya Keri, Rabu (15/12/2021).

Keri berharap gagasan yang sangat luar biasa tersebut bisa dijalankan. Dalam hal ini, para siswa bisa terus berkarya dan menduniakan gagasan.

Sementara Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi melihat KoPSI SMP 2021 adalah gambaran nyata dari semangat dan karakter pelajar pancasila. Terlihat dari sorot mata kalian, dari gagasan yang utuh, konkret, dan tajam. Adik-adik sekalian merupakan wakil dari 52 juta pelajar di Indonesia, yang sudah menunjukan talentanya dan kami berbangga untuk itu. Kalian ada bagian dari identifikasi sejak dini talenta-talenta di bidang sains. Asep menilai para peserta memiliki karakter tangguh, cerdas dan kreatif telah menghasilkan karya yang sangat bagus. "Kualitas kalian di atas rata-rata ini adalah bagian dari puncak proses belajar dari rumah yang dilakukan selama pandemi," tukas Asep.

Untuk itu, Asep berharap di tengah ketidakpastian, para siswa terus menginspirasi sesama pelajar di Indonesia dan membuktikan bahwa proses merdeka belajar menghasilkan siswa-siswa yang memiliki prestasi cemerlang dan memiliki semangat pantang menyerah.

Sementara itu, Juri bidang lomba Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, Toto Sudiro mengungkapkan terdapat banyak ide menarik baik dialami atau ditemui langsung pada peserta KoPSI maupun tema-tema lain yang diangkat dari kondisi di lingkungan sekitar. “Dari lingkungan sekitar kami dewan juri sangat surprise dengan ide yang dikembangkan. Semoga ide terus bisa dikembangkan lebih lanjut ini akan menjadi produk-produk berhasil guna, tentunya bagi masyarakat luas," tutup Toto. (pr)

Labels: IPTEK

Thanks for reading KoPSI 2021, Ajang bagi Talenta Inovator dan Peneliti Muda. Please share...!

Back To Top