OJK Resmikan Komunal DepositoBPR

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan kerja sama fintech Komunal Indonesia dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pada 10 Desember 2021 di Nusa Dua, Bali, bertepatan dengan bulan fintech nasional tahun ini



BALI (IndonesiaTerkini.com)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan kerja sama fintech Komunal Indonesia dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pada 10 Desember 2021 di Nusa Dua, Bali, bertepatan dengan bulan fintech nasional tahun ini. Dengan diresmikannya kerja sama Inovasi Keuangan Digital (IKD)-BPR, Komunal DepositoBPR dapat melayani nasabah di seluruh wilayah Indonesia per tanggal 13 Desember 2021. Seluruh warga Indonesia yang memiliki rekening bank dan email dapat melakukan pembukaan deposito BPR melalui Komunal DepositoBPR secara online. OJK juga mengharapkan agar setiap BPR dapat memperluas kolaborasi sehingga dapat tergabung dalam ekosistem keuangan digital dan bersaing di industri BPR.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Bapak Imansyah selaku Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital, Sarjito selaku Deputi Komisioner OJK Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Giri Tribroto selaku Kepala OJK Kantor Wilayah Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Triyono Gani selaku Grup Inovasi Keuangan Digital, Dino Milano selaku Direktur Grup Inovasi keuangan Digital, Ketut Wiratjana selaku Ketua DPD Perbarindo Bali, Kendrick Winoto selaku Co-Founder dan Direktur Utama PT Komunal Sejahtera Indonesia, Direksi dan Komisaris BPR dan BPRS, serta pejabat-pejabat OJK.

Imansyah selaku Deputi Komisioner OJK Institute dan Keuangan Digital dan Giri Tribroto selaku Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara mengajak para pemimpin BPR dan BPRS untuk bisa terus melakukan kolaborasi dengan perusahaan teknologi finansial agar dapat beradaptasi dan bersaing dalam era digital ini. “Proses digitalisasi BPR dan BPRS dapat dilakukan dengan cara menjadi bagian dari ekosistem keuangan digital, yaitu melakukan berbagai kolaborasi dengan pelaku usaha digital lainnya, seperti antara lain, e-commerce, fintech, e-KYC, dan lain-lain. Termasuk pula yang sudah dikeluarkan dalam buku kerja sama antara BPR dan fintech lending,” kata Giri Tribroto.

“Kalau dulu kita hanya mengandalkan hubungan yang erat antara BPR dan debiturnya, dalam konteks era digital itu sudah mulai harus diubah. Kalau kita tidak inovasi kita akan mati. Jadi kita harus terus berinovasi agar bisnis kita bisa tetap sustain,” kata Imansyah.

Komunal DepositoBPR merupakan produk fintech terbaru dari Komunal yang memfasilitasi BPR untuk mendapatkan dana deposito dari seluruh Indonesia tanpa tatap muka. Kerja sama ini diharapkan menjadi solusi menguntungkan baik bagi BPR dan deposan untuk mengatasi kesulitan menghimpun dana secara luas secara aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan memberikan suku bunga lebih tinggi. Selain menguntungkan bagi BPR dan deposan, kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat inovasi keuangan daerah dan pemulihan ekonomi nasional. Kemudahan BPR dalam menghimpun deposito juga akan memperkuat dukungan BPR kepada UMKM setempat untuk menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami sangat mendorong kolaborasi dengan BPR dan IKD agar pertumbuhan asset dari BPR dapat bertumbuh secara efektif dan efisien. BPR juga diuntungkan karena bisa mendapatkan publikasi nasional secara gratis,” kata Randy Gunadi, IKD PT Komunal Sejahtera Indonesia. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading OJK Resmikan Komunal DepositoBPR. Please share...!

Back To Top