Perempuan Indonesia Diminta Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Pengukuhan Pengurus Perempuan Indonesia Maju (PIM)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki serta Menparekfraf Sandiaga Uno berharap para pengurus Perempuan Indonesia Maju (PIM) meningkatkan peran serta dan berkontribusi dalam percepatan pemulihan dan transformasi ekonomi nasional. Hal ini disampaikan kedua menteri tersebut menanggapi pengukuhan pengurus PIM yang sebagian besar anggotanya merupakan perempuan yang bergerak di bidang UMKM.

“65 juta pelaku UMKM berdasarkan jenis usahanya, 30% diantaranya dijalankan oleh perempuan, 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro juga dijalankan perempuan. UKM khusus perempuan berperan besar dan membawa efek ganda pada perekonomian. UKM perempuan cenderung cenderung ramah lingkungan dan inklusif dibanding yang dimiliki laki-laki,“ papar Teten Masduki dalam keterangannya Minggu (19/12/2021).

Sementara itu Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan kementrian yang dipimpinnya menerapkan kebijakan gender dengan menempatkan 40% ASN perempuan dalam jabatan tinggi. “Ini merupakan dukungan keberpihakan menuju aksi global suistanable development goals. Semoga pengukuhan pengurus PIM dapat berperan lebih pada kemajuan ekonomi Indonesia dari sektor wisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno.

Ketua PIM, Lana Koentjoro mengatakan, Perempuan Indonesia Maju merupakan perkumpulan yang sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia, baik di Aceh, Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, NTB NTT. Selain itu PIM juga sudah ada di Amerika, Eropa, dan Hongkong. Dengan jejaring yang dimiliki, PIM terus berupaya memajukan UMKM Indonesia. "PIM sudah memfasilitasi jual beli UMKM Perempuan bekerja sama dengan marketplace yang ada di Amerika," jelas Lana.

Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Umum PIM bidang Ekonomi, Lisa Zen Purba menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan yang mendukung kemajuan UMKM perempuan dengan menggandeng berbagai pihak. Beberapa di antaranya dengan menggandeng Pertamina Foundation melalui Womenpreneuership Online Coaching dan juga Telkomsel melalui aplikasi UMKM 99% Usahaku dan Smesco yang memberikan pelatihan. “Sekarang ini kami bekerja sama dengan Smesco menyediakan fasilitas logistik dalam program Fullfilment Center,” ditambahkan oleh Lana Koentjoro.

“Keberadaan Fullfillment Center merupakan bagian dari layanan terpadu Smesco yang bertujuan untuk meningkatkan perputaran produk UMKM yang didukung dengan fasilitas layanan logistik produk UMKM secara realtime, tepat waktu, aman," jelas Dirut Smesco, Leo Theosabrata.

Program tersebut, kata Leo menjadi solusi pendistribusian produk UMKM agar lebih merata, luas, murah dan terjangkau di seluruh Indonesia.

Dewan Pertimbangan Presiden yang juga Pelindung PIM, Sidarto Danusubroto mengukuhkan pengurus PIM dan berpesan agar PIM dapat terus meningkatkan kemajuan Perempuan Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Perempuan Indonesia Diminta Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional. Please share...!

Back To Top