Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Pandemi

Founder Muscle First, Sally Varsly (kiri)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun, telah memaksa banyak sekali kegiatan yang dibuat menjadi daring atau online. Kondisi tersebut menyebabkan sebagian orang mengeluhkan terjadinya kenaikan berat badan. Pasalnya, aktivitas gerak tubuh dipastikan menurun.

Founder Muscle First, Sally Varsly, mengatakan, rutinitas bekerja dari rumah selama pandemi membuat sebagian orang mengalami berat badan berlebih. "Tak sedikit dari kita yang menjadi malas bergerak dan berat badan yang bertambah secara berlebihan. Padahal, memiliki berat badan ideal, menjadi idaman setiap wanita," ujar Sally dalam keterangannya, Sabtu (11/12/2021).

Sally menjelaskan, di masa pandemi seperti saat ini, workout tetap bisa dilakukan meskipun aktivitas harian lebih banyak dilakukan di rumah. "Selain melakukan olahraga angkat beban, ternyata masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjaga berat badan tetap stabil walau hanya beraktivitas di rumah," jelasnya.

Pertama, jaga jumlah porsi makan. Menurut Sally, dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat, tentunya bisa menjaga berat badan tetap stabil. Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan yang baik? Sebaiknya, pilih makanan yang sehat, terutama buah dan sayuran. Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula. "Asupan lemak dan gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber energi, tetapi jangan berlebihan," paparnya.

Sally menambahkan, pastikan setiap membeli makanan kemasan untuk melihat nilai gizinya. Cermati juga berapa banyak gula yang ada pada makanan tersebut. Selain itu, cegah makan dalam porsi terlalu banyak. "Supaya berat badan tetap ideal, kalori harus sesuai dengan yang dibutuhkan per harinya. Cobalah mengurangi porsi makanan dalam sekali makan dan dipecah menjadi beberapa kali makan," sarannya.

Kedua, mencukupi kebutuhan nutrisi. Selain menjaga porsi makan, jelas Sally, kebanyakan orang berhasil mengatur jumlah porsi makan yang cukup, tetapi sering lupa memenuhi kebutuhan nutrisi. Akibatnya, stamina tubuh hilang dan lemas karena kurang asupan protein serta vitamin. "Biasanya, kondisi ini sering terjadi kepada seseorang yang sedang menjalankan diet. Saat berada di rumah, kita menjalani diet ekstrem, sementara saat di luar kita makan sembarangan. Kondisi ini menyebabkan timbangan bukannya turun, malah naik," paparnya.

Seharusnya, kata Sally, saat tubuh mengalami defisit kalori, sudah pasti defisit nutrisi. Untuk itu, diperlukan asupan suplemen tambahan. Suplemen nutrisi Muscle First bisa dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. "Asupan nutrisi harus benar-benar seimbang antara makro dan mikro. Makro ada protein, karbohidrat, dan lemak, lalu nutrisi mikronya ada serat, vitamin, dan mineral," pungkasnya.

Ketiga, olahraga dengan alat seadanya. Menurut Sally, olahraga seharusnya dapat dilakukan dimana saja, dengan peralatan yang tidak harus mahal. "Misalnya, dengan gagang sapu. Bisa kita tambahkan beban untuk melakukan gerakan deadlift. Latihan tanpa menggunakan alat ini, bisa dimanfaatkan untuk menjaga berat badan tetap stabil selama di rumah," pungkasnya. (ym)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Pandemi. Please share...!

Back To Top